Dikawal Polisi Laras Panjang, 2 Truk Kartu Suara Tiba di Gudang KPU Malang

Senin, 11 Februari 2019 15:54 Reporter : Darmadi Sasongko
Dikawal Polisi Laras Panjang, 2 Truk Kartu Suara Tiba di Gudang KPU Malang Logistik Pemilu Tiba di Gudang KPU. ©2019 Merdeka.com/Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Logistik Pemilihan Umum (Pemilu) berangsur-angsur tiba di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang. Hari ini, giliran kartu suara untuk Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Timur.

Dua truk kartu suara tiba di Gudang KPU, Jalan Ciujung Kelurahan Purwantoro, Kota Malang. Kedatangan kartu suara dikawal oleh petugas kepolisian bersenjata laras panjang.

Sejumlah tenaga kerja melakukan pemindahan kotak-kotak berisi kartu suara dari truk ke tempat yang sudah dipersiapkan. Setiap bungkus kotak berisi 500 lembar kartu suara.

Kedatangan kartu suara sampai dua hari ke depan, dari DPD, DPR RI, DPRD Propinsi, DPRD Kota Malang dan Presiden.

"Kartu suara datang sampai Rabu nanti. Memang kebutuhan (kartu suara) kita dari DPT-HT (Daftar Pemilih Tambahan Hasil Tambahan) yang kedua sebanyak 623.185 Ribu. Nanti ditambah 2 persennya," kata Zaenudin, Ketua KPU Kota Malang, Senin (11/2).

Kartu suara yang datang, kata Zaenudin, akan dihitung sesuai dengan kebutuhan KPU Kota Malang. Proses tersebut akan dilaporkan melalui sebuah berita acara dan disampaikan ke KPU Pusat.

"Terkait kurang atau lebih akan kita laporkan ke KPU RI sampai dengan pemenuhan yang dibutuhkan," tegasnya.

Hingga saat ini logistik Pemilu yang akan digelar 17 April 2019 masih menyisakan sejumlah formulir-formulir dan sampul atau map yang belum datang. KPU masih menunggu untuk dua jenis Logistik tersebut, sementara yang lainnya sudah di gudang.

"Sebagian formulir-formulir dan sampul belum datang, kalau bantalan, tinta, kotak, segel sudah datang semua," katanya.

Kartu suara selanjutnya akan tersimpan di gudang dengan pengawalan petugas kepolisian. Sebagian logistik dijadwalkan mulai didistribusikan ke kecamatan, 20 Februari mendatang. [rhm]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini