Derita Warga Samarinda Terjebak Banjir Hingga Berbuka Puasa di Jalan

Kamis, 16 Mei 2019 22:29 Reporter : Saud Rosadi
Derita Warga Samarinda Terjebak Banjir Hingga Berbuka Puasa di Jalan Banjir di Samarinda. ©2019 Merdeka.com/Saud Rosadi

Merdeka.com - Dua hari ini hujan mengguyur kota Samarinda, Kalimantan Timur, setiap sore hari, mengakibatkan banjir di sejumlah ruas jalan. Warga pun terjebak banjir, dan terpaksa berbuka puasa di jalan.

Seperti yang terjadi sore ini tadi. Hujan turun sangat deras, mengguyur sebagian besar wilayah Samarinda, mulai pukul 15.30 WITA dan baru mereda sekitar 1,5 jam kemudian.

Tak pelak lagi, banjir merendam sejumlah ruas jalan protokol. Seperti di Jalan Kesuma Bangsa, dan Jalan Pahlawan. Tidak terkecuali kawasan langganan banjir seperti Jalan Pasundan, dan simpang 4 Voorvo Jalan Dr Soetomo-Jalan Letjend S Parman, serta Jalan KH Wahid Hasyim.

Warga pengguna jalan pun kembali diuji kesabarannya. Sepulang kantor, mereka harus melepas sepatu kerja, bahkan menggulung celana, agar bisa menerobos banjir.

"Kalau enggak begitu, saya enggak sampai rumah. Ini saya nekat lewat Jalan Pasundan, meski banjirnya memang dalam. Ternyata memang saya tidak bisa buka puasa di rumah, jadinya di jalan," kata Supriyadi (43), karyawan swasta ditemui merdeka.com, Kamis (16/5).

Kali ini, pengguna jalan dikejutkan dengan kedalaman air banjir di Jalan Pahlawan, kawasan depan Hotel Tepian. Banjir nyaris separuh motor matik, bikin motor pengguna jalan pun mati mesin.

"Coba perhatikan mas. Di sekitarnya, ada pengupasan lahan, bangun ruko, dan ruko lagi. Kemarin-kemarin, enggak separah ini. Sekarang makin parah, karena sudah enggak ada resapan air. Kalau air dari bukit yang dikupas itu lari ke atas, enggak masalah. Tapi ini kan lari ke bawah, ya banjir di jalan (Jalan Pahlawan)," kata Lukman (39), warga Jalan KH Wahid Hasyim.

Pun demikian dialami Irfandi (40) salah seorang pegawai instansi swasta. Dua hari ini, dia dan istrinya, terpaksa berbuka puasa di jalan. "Rumah saya di Lempake, ya ini mau bagaimana lewat Jalan DI Panjaitan? Beli air mineral, dan kue, cukup buat saya buka puasa di jalan 2 hari ini, gara-gara banjir ini. Semoga pemerintah melek urus beginian (meminimalisir banjir)," kata Irfandi. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini