Datangi Kejagung, Pansel Minta Rekomendasi Nama Jaksa Potensial jadi Capim KPK

Rabu, 12 Juni 2019 16:40 Reporter : Merdeka
Datangi Kejagung, Pansel Minta Rekomendasi Nama Jaksa Potensial jadi Capim KPK KPK. ©2017 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Merdeka.com - Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) menyambangi Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta Selatan. Hal itu sebagai upaya mencari sosok terbaik yang akan memimpin lembaga antirasuah.

"Kami tidak hanya akan mengumumkan pendaftaran saja, tetapi kami juga akan menjemput bola. Jika kami melihat nama-nama yang potensial, maka akan kami hubungi agar mendaftar," tutur Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih di Gedung Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (12/6).

Menurut Yenti, Pansel KPK memang membidik sejumlah nama dalam jajaran Kejagung untuk mendaftar sebagai calon pimpinan KPK. Hanya saja sosok tersebut masih dirahasiakan.

"Belum-belum, nanti akan kita sampaikan tanggal 17 Juni besok. Ada jaksa yang aktif dan ada juga jaksa yang baru saja nonaktif, yang penting usianya belum 65 tahun ya. Trackingnya yang paling penting, jadi kita cari yang seperti itu. Kami juga minta Pak Jaksa Agung untuk menyiapkan dan mendorong untuk itu," jelas dia.

Pendaftaran calon pimpinan KPK sendiri dibuka mulai 17 Juni sampai dengan 4 Juli 2019. Mereka akan melalui sejumlah tahapan seperti seleksi administrasi, tes uji kompetensi yang diikuti dengan asessement, tes kesehatan, dan wawancara.

"Kami juga akan terima masukan dari Jaksa Agung, Polri, BIN, PPATK dan lain-lain," kata Yenti.

Di lokasi sama, Jaksa Agung HM Prasetyo berjanji untuk memberikan rekomendasi nama dari internalnya merupakan tanggung jawab besar.

"Kami akan coba carikan figur-figur terbaik," ujar Prasetyo.

Reporter: Nanda Perdana Putra [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini