Dari 460 Pasien, Cuma 31 Pasien RSJ Lawang Malang Bisa Salurkan Hak Pilih

Rabu, 17 April 2019 01:29 Reporter : Darmadi Sasongko
Dari 460 Pasien, Cuma 31 Pasien RSJ Lawang Malang Bisa Salurkan Hak Pilih tps nuansa istana negara. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Hanya 31 Pasien Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Radjiman Wediodiningrat, Lawang, Kabupaten Malang yang akan menyalurkan hak pilihnya. Para pasien tersebut sudah mengantongi formulir A5 atau pindah pilih untuk menyampaikan aspirasinya di Pemilu 2019.

"Ada 31 pasien yang mendapatkan form A5 atau pindah pilih," kata Kepala Sub Bagian Hukum Organisasi dan Hubungan Masyarakat RSJ Radjiman Wedioningrat, Ribut Supriyatin, Selasa (15/4).

Total yang diajukan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Malang sebenarnya 460 pasien, tetapi yang mendapatkan form A5 hanya 31 orang. Ratusan pasien lain dinyatakan tidak memenuhi syarat pindah pilih.

"Kita tidak ada batasan, cuma data yang dikirim ke KPU sebanyak 460 pasien tetapi pada akhirnya feedback ke kami itu hanya 31 pasien. Itupun hanya Kabupaten Malang saja," jelasnya.

"Cuman kemarin pasien yang datang ke sini kan penanggungjawabnya keluarga. Kemarin kesulitannya kan di KTP-nya itu. Sedangkan untuk alamat saja ternyata masih kurang, ini kalau mau dimasukkan tidak bisa," tambahnya.

Jumlah pasien RSJ Radjiman Wedioningrat hingga saat ini sekitar 550-an. Khusus pasien yang memiliki A5, nantinya akan menyalurkan hak pilihnya, tetapi memang tidak disediakan TPS secara khusus.

"Kalau TPS tidak ada, petugas PPK yang datang ke tempat kami. Besok kita kondisikan di suatu tempat, terus dilakukan pemilihan," katanya.

Sebelumnya RSJ Radjiman Wedioningrat sempat mendapatkan arahan dari Komnas HAM Jakarta untuk penyaluran hak pilih pasiennya. Tetapi melihat hasil koordinasinya dengan PPK dan KPU ternyata jumlah pemilihnya tidak banyak.

"Komnas HAM Jakarta sempat memantau terkait TPS, harapannya disediakan TPS," katanya.

Sementara terkait karyawan yang berasal dari luar daerah oleh petugas diarahkan ke TPS terdekat dengan syarat mengantongi A-5. Lima pegawai sudah melaporkan memiliki A5 dan beberapa mahasiswa magang asal Palangkaraya.

Siapkan 700 Kamar untuk Caleg Kalah

Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Rajiman Widioningrat Lawang, Kabupaten Malang siap menerima para caleg yang mengalami gangguan jiwa akibat kegagalan. Sebanyak 700 lebih tempat tidur disediakan untuk para pasien, termasuk pasien gangguan jiwa setelah kalah Pileg 2019.

"Kita punya 700 lebih tempat tidur. Kita sediakan, siap menerima pasien," kata Ribut.

Pelayanan rumah sakit buka 24 jam untuk kedatangan pasien. Sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku, kata Ribut Supriyatin, pasien akan klasifikasikan berdasarkan kondisi klinis ketika datang. Berikutnya akan ditentukan kelas pelayanannya sesuai dengan permintaan keluarga yang bersangkutan.

"Di sini kita klasifikasikan berdasarkan usia dan kondisi klinis saat datang, kan punya VIP, klas 1, 2. Tidak ada pelayanan khusus, di sini rumah sakit spesialistik, tergantung kondisi saat datang, nanti langsung ditangani para spesialisnya," jelasnya. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini