Cegah Masuknya Virus Corona, Bandara SSK II Pekanbaru Dipasang Alat Pendeteksi

Kamis, 23 Januari 2020 17:05 Reporter : Abdullah Sani
Cegah Masuknya Virus Corona, Bandara SSK II Pekanbaru Dipasang Alat Pendeteksi alat pendeteksi corona di Bandar SSK II Pekanbaru. ©2020 Merdeka.com/Abdullah Sani

Merdeka.com - Untuk memastikan tidak kecolongan terkait masuknya virus Corona di Riau, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru memasang alat Thermal Scanner. Alat ini bertujuan untuk mendeteksi suhu tubuh manusia.

Koordinator Bandara, Albert Jenson mengatakan virus Corona memang menjadi sorotan publik saat ini. Sehingga memang perlu dilakukan pencegahan agar virus tersebut tidak masuk ke Riau melalui penumpang yang yang datang, khususnya perjalanan internasional.

"Kita memasang alat pendeteksi suhu tubuh atau thermal scanner di area kedatangan penumpang internasional," ujar Albert, Kamis (23/1).

Bukan hanya menggunakan sistem yang merekam langsung penumpang yang datang, pihaknya juga siagakan personel untuk melakukan pemantauan.

"Alhamdulillah sampai hari ini tidak ada laporan masuknya virus tersebut ke wilayah kita," ucapnya.

Penerbangan dari maupun menuju China memang tidak terdapat di bandara SSK II Pekanbaru. Namun, pihaknya tetap melakukan pencegahan misalnya saja kedatangan dari Malaysia dan juga Singapura.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Dra Mimi Yuliani Nazir mengatakan, hingga hari ini pihaknya belum menemukan masuknya virus Corona di Riau.

"Sampai saat ini belum ada laporan dari kabupaten kota dan sarana pelayanan kesehatan terkait virus Corona. Dan dari Kementerian Kesehatan RI juga kan menyatakan belum ada temuan di Indonesia," kata Mimi.

Meski begitu, Diskes Riau terus antisipasi terkait penyebaran virus yang dapat menyebabkan pengidapnya meninggal dunia tersebut. Salah satunya yakni pihaknya berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), baik yang berada di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, maupun di pintu masuk pelabuhan-pelabuhan internasional di pesisir Riau.

"Terkait pencegahan, KKP sudah melakukan tindakan, sudah melakukan pemeriksaan-pemeriksaan terhadap penumpang-penumpang internasional, baik di bandara maupun di pelabuhan. Kita sudah cek kelapangan dan sejauh ini belum ada temuan" tuturnya.

Untuk diketahui, di China saat ini sudah ada 571 kasus virus Corona dengan 17 korban meninggal dunia. Sementara itu, guna mencegah penyebaran virus ini pemerintah China menutup seluruh akses keluar masuk kota Wuyan. Bahkan mereka juga menghentikan layanan transportasi darat, perairan dan udara baik dari maun menuju kota itu. [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini