BMKG: Waspadai Potensi Gelombang Setinggi Lima Meter di Perairan Sumut-Aceh

Senin, 8 November 2021 07:33 Reporter : Fikri Faqih
BMKG: Waspadai Potensi Gelombang Setinggi Lima Meter di Perairan Sumut-Aceh Ilustrasi gelombang tinggi. ©2020 Merdeka.com/liputan6.com/Muhamad Ridlo

Merdeka.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi gelombang setinggi 2,5-5 meter terjadi di wilayah perairan Sumatera dan Aceh.

"Waspadai gelombang tinggi sampai lima meter di Samudera Hindia barat," kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Belawan Medan Sugiyono di Medan, Minggu (7/11).

Cuaca yang tidak bersahabat di laut, dia mengungkapkan, berlangsung hingga pekan depan yang meliputi perairan Nias - Sibolga dan Samudera Hindia barat Nias di Sumut.

Kemudian, Sugiyono menambahkan, perairan barat Aceh, perairan Meulaboh - Sinabang, perairan utara Sabang dan perairan Samudera Hindia barat Aceh.

"Angin di atas perairan Sumatera bagian utara umumnya bergerak dari timur hingga barat daya dengan kecepatan 2 - 20 knot atau 3,7 - 37 kilometer per jam," ujarnya seperti dilansir dari Antara.

Dia mengimbau seluruh pengguna jasa kelautan tetap memperhatikan risiko tinggi keselamatan pelayaran, terutama nelayan modern maupun tradisional.

"Kami juga memohon masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir atau sekitar area berpeluang terjadi gelombang tinggi tetap waspada," tutup Sugiyono. [fik]

Baca juga:
BMKG Catat Terjadi 26 Gempa Bumi di Aceh dan Sumut pada Pekan Pertama November 2021
BMKG Perkirakan Tiga Wilayah Jakarta Akan Dilanda Hujan Deras
BMKG: Bencana Banjir di Alor dan Kota Batu Dipicu Cuaca Ekstrem
BMKG Catat 844 Gempa Sepanjang Oktober 2021
Waspada Fenomena La Nina
Gempa Susulan Masih Terjadi di Maluku Tengah, Sejumlah Bangunan Dilaporkan Rusak
Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Ambon, Warga Berhamburan Keluar Rumah dan Kantor

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini