Bertemu Mahfud MD, Erick Thohir Sebut Kondisi Keuangan PT Asabri Stabil

Kamis, 16 Januari 2020 17:02 Reporter : Merdeka
Bertemu Mahfud MD, Erick Thohir Sebut Kondisi Keuangan PT Asabri Stabil Menko Polhukam Mahfud Md dan Menteri BUMN Erick Thohir. ©2020 Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra

Merdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, menemui Menko Polhukam, Mahfud MD. Keduanya melakukan rapat tertutup membahas sejumlah hal termasuk masalah keuangan PT Asabri.

Pantauan di lokasi, Erick tiba kurang lebih pukul 15.00 Wib. Pertemuan dilakukan lebih kurang 30 menit.

Mahfud menyebut akan membahas sejumlah hal dengan Erick. "Saya baru bicara dengan Menteri BUMN banyak hal. Kerjaan kami banyak tapi yang sekarang sering ditanyakan soal Asabri," kata Mahfud di kantor usai pertemuan. Jakarta, Kamis (16/1).

Ditambahkan Erick, keuangan PT Asabri dalam kondisi stabil. Tetapi, memang ada penurunan aset.

"Kondisi keuangan dalam keadaan stabil. Tapi apa ada penyelewengan daripada penurunan aset karena salah investasi. (Untuk hal ini) kan ada prosesnya sendiri," jelas Erick.

1 dari 2 halaman

Erick menambahkan, terkait kemungkinan adanya penyelewengan itu, sebagai kelanjutannya dia menyerahkan pada proses hukum.

"Biar itu berjalan sesuai dengan aturannya. Dan tentu domain hukum, bukan di Kementerian BUMN. Kalau kami kan lebih ke korporasinya," ungkap Erick.

Terkait pernyataan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirdjoatmodjo yang menyebut adanya dugaan kesamaan modus main saham antara PT Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri (Persero), menurut Erick hal itu harus dibuktikan.

"Nah itu yang nanti dibuktikan. Saya enggak bisa bicara terlalu lebar karena tentu ada proses yang harus dijalani," jelas Erick.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Direktur Utama PT Asabri (Persero), Letjen Purn TNI Sonny Widjaja, menegaskan bahwa uang prajurit aman, tidak hilang dan tidak dikorupsi. Klarifikasi diberikan terkait isu korupsi dana pensiun tentara dan Polri di perusahaan yang dirinya pimpin.

"Saya imbau agar kita dapat jadi orang-orang yang tidak mudah terpengaruh dan terprovokasi dengan berita Asabri yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," ujar Sonny dalam sebuah konferensi pers di Kantornya, Jakarta, Kamis (16/1).

Dirinya kembali menegaskan, berita-berita tentang isu korupsi yang tersebar luas adalah tidak benar. "Berita tersebut adalah berita yang tidak benar. Kepada pihak-pihak yang ingin berbicara dengan Asabri, harap menggunakan data dan fakta yang sudah terverifikasi," ungkapnya.

Sonny menegaskan, akan menempuh jalur hukum jika pihak-pihak tertentu masih menyiarkan pembicaraan yang tendensius dan terkesan negatif tentang Asabri.

"Hentikan pendapat, pembicaraan yang tendensius dan negatif yang mengakibatkan kegaduhan. Jika hal ini terus berlangsung saya dengan menyesal akan menempuh jalur hukum," ujar Sonny.

Sonny menjamin, uang para pensiunan TNI, Polri dan ASN Kemenhan aman, tidak hilang dan tidak dikorupsi. "Kepada pihak yang ingin berbicara tentang Asabri, harap menggunakan data dan fakta yang terverifikasi," paparnya. [lia]

Baca juga:
Mahfud Sebut Kasus Dugaan Korupsi Asabri Akan Ditangani Polri
Prabowo Jamin Dana Asabri Aman, Prajurit TNI/Polri Diminta Cool
Mahfud Ogah Tanggapi Pernyataan Dirut Soal Tak Ada Korupsi di Asabri
Melihat Pelayanan di Gedung Asabri
Direktur Utama PT Asabri Klarifikasi Soal Dugaan Korupsi

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini