Bermodal tusuk gigi, komplotan pembobol ATM curi ratusan juta rupiah

Senin, 30 Juli 2018 21:10 Reporter : Bram Salam
Bermodal tusuk gigi, komplotan pembobol ATM curi ratusan juta rupiah Ilustrasi ATM. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - BG dan AI, terduga komplotan pembobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) diringkus anggota Polres Karawang. Dalam aksinya, kompolotan dari Provinsi Lampung ini hanya bermodal satu tusuk gigi. Selama dua bulan beraksi di Karawang, keduanya telah mengumpulkan uang ratusan juta rupiah.

Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya mengatakan, keduanya sengaja membuat jebakan dengan memasang batang tusuk gigi yang diwarnai dengan spidol hitam ke dalam lubang kartu ATM serta mengoleskan minyak rambut di mulut lubang mesin ATM sebagai ganjalan, sehingga kartu ATM nasabah yang hendak melakukan transaksi tersangkut.

"Para pelaku kemudian berada di sekitar ATM dan mengintai orang yang hendak masuk ke ATM tersebut. Ketika ada orang yang masuk dan kemudian merasa kesulitan untuk melakukan transaksi, mereka kemudian masuk dan pura-pura memberikan pertolongan," ungkap Slamet Waloya, Senin (30/7).

Saat memberikan pertolongan, BG dan AI memantau situasi di sekitar lokasi anjungan sedangkan yang peran masuk ke ATM yaitu pelaku yang kini masih buron berinisial YS.

Pelaku YS kemudian meminta pin ATM korbannya dengan alibi mereka dapat menolong. "Mesin ATM itu nanti error, YS ini akan mendekati calon korban yang sedang kebingungan karena ATM tertelan, dia berpura-pura membantu, terus mengamati pin ATM yang dimasukkan korban," ucap Slamet.

Ketika melihat korbannya geram hingga akhirnya meninggalkan mesin ATM dengan kartu ATM yang tertelan, kemudian para pelaku melancarkan askinya untuk menguras uang korban.

"Atas perbuatannya mereka dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dan Pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara," pungkas Slamet Waloya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini