Berangkatkan TKI pakai paspor pelancong, 3 calo ilegal di Subang dibekuk

Jumat, 7 September 2018 01:15 Reporter : Bram Salam
Berangkatkan TKI pakai paspor pelancong, 3 calo ilegal di Subang dibekuk Ilustrasi. ©2018 Merdeka.com/Ananias Petrus

Merdeka.com - Satreskrim Polres Subang mengamankan tiga orang calo pengirim tenaga kerja ke luar negeri tanpa prosedur resmi atau ilegal ke negara Arab Saudi.

Kapolres Subang, AKBP Muhammad Joni mengatakan ketiga oknum calo PJTKI ini, terlibat tindak pidana perdagangan orang (Human Trafiking) sekaligus penempatan TKI ilegal ke Timur Tengah menggunakan Pasport pelancong.

"Tersangka An asal Binong, Nur dari Gambarsari serta S alias Sri asal Tanjungpinang, Kepulauan Riau sudah kita tahan," kata AKBP Mohamad Joni, Kamis (6/9).

Kapolres menyatakan ketiga calo PJTKI ilegal diamankan setelah terungkapnya kasus kematian TKI asal Subang dan telah memberangkatkan 25 orang asal Subang, keberangkatan mereka ke Arab Saudi bukan inisiatif sendiri.

Ia menduga, mereka nekat ke Arab Saudi dan Malaysia menggunakan Pasport pelancong karena tergiur dengan penawaran oknum calo yang menjanjikan upah besar.

"Ketiga pelaku telah memberangkatkan 25 TKI yang sudah melalui jalur ilegal dengan menggunakan paspor pelancong," katanya.

Ketiganya diancam hukuman 15 tahun penjara dengan denda milyaran rupiah. Sebab melanggar pasal 2 dan 4 UU RI No. 21 tahun 2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang, serta pasal 102, 103 dan pasal 104 UU RI No. 39 tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri.

"Apalagi yang dilakukan mereka hasil pemeriksaan telah memberangkatkan 25 orang, belum lagi infonya bermain juga pengiriman ke Saudi," jelas Kapolres. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. TKI Ilegal
  2. TKI
  3. Subang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini