Bawaslu Tetap Review Pencalonan Perseorangan Meski Pilkada 2020 Ditunda

Selasa, 31 Maret 2020 20:28 Reporter : Ronald
Bawaslu Tetap Review Pencalonan Perseorangan Meski Pilkada 2020 Ditunda Pebaikan Gedung Bawaslu. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI tetap melakukan tugas meskipun tengah wabah Corona atau Covid-19. Namun, tugasnya kini hanya dari rumah atau Work From Home (WFH).

Anggota Bawaslu RI Mochammad Afifuddin mengatakan, lembaga yang bertugas memastikan pesta demokrasi berjalan jujur, adil, rahasia dan bebas dari kecurangan ini tetap bekerja dengan menerapkan protokol kesehatan, physical distancing, dan WFH.

"Dalam menjalankan tugas dan program Bawaslu tidak ada kendala dengan WFH dan anjuran pemerintah lainnya. Seperti piket kita atur, protokol di kantor diperketat dan koordinasi dengan daerah berjenjang juga melalui video conference semua. Kita bekerja dengan mekanisme pencegahan pandemi menjadi utama," katanya dalam siaran pers, Selasa (31/3).

Bawaslu RI melanjutkan program kerja yang telah disusun sebelumnya. Menurutnya, salah satu kegiatan yang terus dilaksanakan Bawaslu yakni melakukan review pencalonan perseorangan.

Menurutnya, seluruh daerah dimonitor Bawaslu pusat dengan tujuan tahapan ini berjalan dengan baik dan bila terdapat pelanggaran segera ditindaklanjuti.

"Kita update pengawasan pencalonan perseorangan yang kemarin sudah berlangsung. Selebihnya tidak banyak yang bisa kita lakukan di tengah musibah ini apalagi setelah kesepakatan penundaan," ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, kondisi ini kurang tepat bila dipaksakan untuk melangsungkan pesta demokrasi di 270 daerah.

"Yang bisa kita dorong sekarang adalah keluarnya Perppu untuk mengatur penundaan tahapan ini," pungkasnya. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini