Basarnas Terjunkan Ratusan Personel BSG Dukung Event di Sirkuit Mandalika

Rabu, 17 November 2021 23:48 Reporter : Moh. Kadafi
Basarnas Terjunkan Ratusan Personel BSG Dukung Event di Sirkuit Mandalika Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebanyak 180 personel Basarnas akan diterjunkan untuk mendukung penyelenggaran event Sirkuit Mandalika. Sejumlah event internasional akan dihelat pada 19 hingga 21 November 2021 nanti, di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Salah satunya World Superbike.

"Ada 180 personel dari pusat. Bahkan BSG, kita turunkan untuk mendukung kegiatan itu. Ini event internasional, ini gengsi kita," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi saat usai memberikan pengarahan kepada Basarnas Bali di Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (17/11) malam.

Sejumlah peralatan SAR juga telah disiapkan. Mulai helikopter, kapal laut, speed boat, jet ski full diturunkan untuk memaksimalkan penyelamatan saat event Sirkuit Mandalika.

Dia menerangkan, event Sirkuit Mandalika adalah wajah Indonesia. Indonesia memiliki sirkuit bertaraf internasional. Untuk itu, Alfiandi menegaskan Basarnas harus ikut memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pembalap, timnya serta pengunjung.

"Kalau ada SAR, kita hadir di situ dan mereka tahu bawah Indonesia itu ada, pemerintah itu ada," imbuhnya.

Alfiandi berencana mengunjungi Sirkuit Mandalika pada Kamis (18/11) besok. Dia akan melihat langsung suasana di lokasi tersebut.

"Dan melihat sendiri, apa sih kira-kira balapan kayak gimana sih, terus menangani penonton bagaimana dan di jalan sana kan sempit, kalau ada apa-apa bagaimana. Sehingga, saya bisa langsung memberikan instruksi dan untuk tahun ke depannya menjadikan evaluasi agar penyelenggaraan (balap) internasional benar-benar kita siap," ujarnya. [ray]

Baca juga:
Motor Presiden Jokowi Pakai Handgrip "Indonesia Satu" saat Resmikan Sirkuit Mandalika
Polda Bali Kirim Puluhan Personel dan Kendaraan Taktis untuk Event Sirkuit Mandalika
Jelang Gelaran World Superbike, Kabaharkam Cek Pengamanan di Sirkuit Mandalika
LPEI Biayai dan Jamin Investasi Area Sirkuit Mandalika
Jakpro Jamin Harga Tiket Formula E Tidak Semahal Masuk Sirkuit Mandalika

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini