Banjir Sebabkan Jalan Trans Seram Putus dan Jembatan Rusak

Jumat, 7 Juni 2019 00:09 Reporter : Ya'cob Billiocta
Banjir Sebabkan Jalan Trans Seram Putus dan Jembatan Rusak Ilustrasi Banjir. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Guyuran hujan lebat selama dua hari berturut-turut menyebabkan sejumlah sungai di lokasi Pulau Seram meluap. Banjir menyebabkan akses jalan trans Seram terputus.

"Saya baru kembali dari Pulau Seram dan saat ini jembatan Waikaka di perbatasan Kecamatan Elpautih dengan Kecamatan Amalatu terputus total," kata ketua komisi C DPRD Maluku, Anos Yermias di Ambon, Kamis (6/6). Dikutip dari Antara.

Akibatnya jalan trans Seram, baik dari arah Kabupaten Seram Bagian Barat menuju Kabupaten Maluku Tengah atau sebaliknya tidak bisa dilalui warga yang menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan besar seperti truk atau bus.

Menurut dia, jembatan Wakikaka ambruk sekitar pukul 06.04 WIT akibat banjir sehingga warga dari Pelabuhan Waipirit, Kabupaten SBB yang hendak menuju Kabupaten Malteng atau ke Kabupaten Seram Bagian Timur tidak bisa melintas, begitu pula sebaliknya.

Kondisi serupa juga menimpa jembatan Kaputi di antara Desa Taniwel dengan Desa Hulung, Kabupaten SBB yang mengalami kemiringan akibat luapan banjir yang membuat miring tiang penyangga bagian tengah jembatan.

"Akibatnya arus lalu lintas dari arah Taniwel ke Kecamatan Taniwel Timur terganggu, demikian sebaliknya dari arah Taniwel Timur ke Taniwel sampai ke Piru, Ibu Kota Kabupaten SBB saat ini belum bisa dilewati kendaraan," ujarnya.

Anos juga mengaku telah melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas PU PR Maluku, Ismail Usemahu untuk memprioritaskan pembuatan jembatan darurat sementara waktu agar bisa dilintasi warga.

"Apalagi sekarang Lebaran hari kedua dan akan ada aktivitas arus balik, sehingga perlu diselesaikan pembuatan jembatan darurat secepatnya," tandas Anos. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Banjir
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini