Banjir Rendam 4 Kecamatan di Hulu Sungai Tengah

Senin, 29 November 2021 00:03 Reporter : Supriatin
Banjir Rendam 4 Kecamatan di Hulu Sungai Tengah ilustrasi Banjir . ©2021 Merdeka.com/Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Banjir merendam empat kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan. Kejadian ini berlangsung pada Sabtu (27/11), pukul 15.45 WIB.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, empat kecamatan yang terdampak ialah Brabai, Haruyan, Hantakan dan Batang Alai.

"Pada Kecamatan Brabai, empat desa yang dilanda banjir, yaitu Desa Barabai Utara, Selatan, Barat, dan Mendingan," jelasnya, Minggu (28/11).

Abdul menuturkan, banjir disebabkan hujan dengan intensitas tinggi. Tinggi muka air saat banjir berkisar 40 sampai 50 sentimeter.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah telah melakukan upaya penanganan banjir dengan mendirikan pos komando (posko) di Stadion Mandingin. Salah satu penanganan darurat posko yaitu pendataan kerugian material di wilayah terdampak banjir.

Selain itu, petugas gabungan bersiaga untuk mengantisipasi banjir susulan yang mungkin masih terjadi di wilayah ini. BPBD juga melaporkan warga yang sempat evakuasi telah kembali ke rumah masing-masing.

Kondisi mutakhir, wilayah terdampak banjir masih diguyur hujan dengan intensitas sedang. Banjir susulan juga terjadi di tiga kecamatan, antara lain Kecamatan Haruyan, Hantakan, dan Batang Alai. [rnd]

Baca juga:
Tinjau Lokasi Banjir Bandang Garut, Wagub Jabar Tetapkan Status Tanggap Darurat
Kondisi Kabupaten Garut Setelah Banjir Bandang
Sungai Meluap, 248 Rumah di Kota Bima Terendam Banjir
Banjir Bandang di Garut, Rumah Warga Hanyut
Pemprov DKI Tambah Jumlah Drainase Vertikal

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Bencana Alam
  3. Banjir
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini