Bangkai Paus Pilot yang Mati Terdampar di NTT Dikuburkan

Senin, 27 Januari 2020 01:03 Reporter : Ananias Petrus
Bangkai Paus Pilot yang Mati Terdampar di NTT Dikuburkan Bangkai Paus Pilot Mati Terdampar di NTT. ©2020 Merdeka.com/Ananias Petrus

Merdeka.com - Seekor paus sperma jenis pilot berukuran 15 meter, ditemukan mati terdampar di hutan mangrove pantai Tasilo, Kecamatan Rote Barat Laut, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, Jumat (25/1).

Agar tidak mengeluarkan bau tak sedap yang dapat menimbulkan berbagai penyakit, pihak Kepolisian Resor Rote Ndao beserta TNI dan dinas terkait, telah menguburkan bangkai paus tersebut di pinggir pantai, pukul 16.15 Wita.

"Kami bersama dinas terkait, Dinas Penanggulangan Bencana, Dinas PU, Dinas Kelautan, Dinas Kesehatan, Badan Konservasi Laut serta TNI, telah menguburkan bangkai paus sperma tersebut, kata Kapolres Rote Ndao AKBP Bambang Hari Wibowo, Minggu (26/1).

Sebelumnya, bangkai mamalia air ini awalnya ditemukan oleh dua orang nelayan bernama Maria Foes ketika hendak melaut.

bangkai paus pilot mati terdampar di ntt

©2020 Merdeka.com/Ananias Petrus

Kanit Binmas Polsek Rote Barat Laut, Bripka Joni Ndolu kepada merdeka.com mengatakan, setelah mendapat informasi dari masyarakat pihaknya langsung bergegas ke lokasi dan ditemukan bangkai ikan paus tersebut.

"Kita dapat telepon dari masyarakat mengenai temuan bangkai ikan paus itu. Kita langsung turun ke hutan mangrove pantai Tasilo dan ternyata benar," ujarnya, Sabtu (25/1).

Menurut Joni, saat ini pemerintah desa dan masyarakat setempat sedang berupaya untuk memindahkan bangkai paus tersebut ke daratan, sehingga bisa dikubur untuk tidak mengeluarkan aroma tak sedap, yang bisa menyebabkan penyakit. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Paus Terdampar
  3. Rote Ndao
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini