Korsleting listrik sebabkan bara api terjadi di Baywalk Mall Pluit sore tadi

Minggu, 9 September 2018 17:41 Reporter : Merdeka
Korsleting listrik sebabkan bara api terjadi di Baywalk Mall Pluit sore tadi Ilustrasi kebakaran. ©2015 Merdeka.com/firewatch.co.uk

Merdeka.com - Bara api yang menyebabkan asap tebal terjadi di Baywalk Mall, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara sore tadi. Api diketahui bersumber dari saluran air conditioner (AC) pusat perbelanjaan tersebut. Diduga, api muncul akibat korsleting listrik pada AC.

"Yang terbakar mal, bukan apartemen. Sumber apinya dari saluran AC di lantai tujuh," ujar Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara Satriadi Gunawan saat dikonfirmasi Liputan6.com, Jakarta, Minggu (9/9).

Satriadi menuturkan, api telah berhasil dipadamkan oleh petugas mal menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Namun pihak mal tetap memanggil petugas pemadam kebakaran untuk memastikan keamanan gedung tersebut.

Asap tebal yang mengepul dari lantai tujuh sempat membuat panik pengunjung mal. Para pengunjung pun berhamburan menyelamatkan diri keluar gedung. Tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

Petugas Sudin Gulkarmat Jakarta Utara meninggalkan lokasi sekitar pukul 18.30 WIB setelah melakukan pendinginan dan memastikan gedung tersebut aman.

Manajemen Baywalk Mall juga sudah memastikan operasional sudah berjalan kembali. Mereka menyebut pada pukul 16.08 WIB, telah terjadi bara api di akses exhaust pembuangan salah satu tenant di Baywalk Mall.

Mereka menjelaskan sesuai dengan prosedur standar operasional yang berlaku, pihak manajemen melakukan evakuasi pengunjung beserta karyawan tenant. pada pukul 18.30 WIB seluruh kegiatan sudah berjalan normal.

"Kami juga informasikan bahwa peristiwa bara api tidak berkaitan dengan Apartemen Green Bay," kata Management Baywalk Mall

Sebelumnya diberitakan, kebakaran terjadi di lantai tujuh Apartemen Green Bay, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Hal itu sebagaimana disampaikan petugas Command Center Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta.

Reporter: Nafiysul Qodar
Sumber: Liputan6.com [eko]

Topik berita Terkait:
  1. Kebakaran
  2. Kebakaran Jakarta
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini