Antisipasi Penyebaran Penyakit Corona, Pemprov Jatim Siagakan 3 Rumah Sakit

Jumat, 24 Januari 2020 20:42 Reporter : Erwin Yohanes
Antisipasi Penyebaran Penyakit Corona, Pemprov Jatim Siagakan 3 Rumah Sakit Penanganan pasien virus corona di Wuhan. ©THE CENTRAL HOSPITAL OF WUHAN VIA WEIBO/Handout via REUTERS

Merdeka.com - Mengantisipasi penyebaran penyakit virus corona asal China, pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menyiapkan ruang isolasi di Terminal Kedatangan Bandara Juanda International Surabaya di Sidoarjo. Tidak hanya itu, tiga rumah sakit di Jawa Timur yang telah memiliki ruang isolasi khusus juga turut disiagakan.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa mengatakan, ruangan isolasi ini digunakan untuk mencegah menyebarnya virus corona bagi penumpang yang terdeteksi virus dari Tiongkok tersebut. Tiga rumah sakit dengan ruangan isolasi khusus juga telah disiagakan.

"Setelah diketahui terkena virus itu, maka selanjutnya kita bawa ke ruang isolasi yang telah disiagakan di tiga rumah sakit, yaitu di RSUD dr. Soetomo, RSUD Soedono Madiun dan RS Saiful Anwar Malang," kata Khofifah, Jumat (24/1).

Dia menambahkan, untuk mendeteksi penumpang yang kemungkinan membawa penyakit tersebut alat pendeteksi suhu tubuh Body Thermal Scanner (BTS) disiapkan di terminal kedatangan Juanda Surabaya.

"Bagi penumpang yang memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat celsius, maka akan diperiksa oleh tim kesehatan dari bandara menggunakan alat ini," katanya.

Selain penggunaan alat, penumpang asal China juga diwajibkan untuk mengisi kartu kewaspadaan kesehatan. Ini untuk mendeteksi secara awal dari gejala yang dimiliki oleh penumpang tersebut.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya, M. Budi Hidayat, menjelaskan alat pendeteksi suhu tubuh ini mampu mendeteksi suhu tubuh penumpang dalam radius 10 meter.

"Alat ini dapat mendeteksi suhu tubuh penumpang yang dianggap tidak wajar, atau diatas 38 derajat celsius. Jika sudah demikian, maka penumpang tersebut akan diidentifikasi di ruang isolasi bandara. Selanjutnya di rujuk ke tiga rumah sakit Pemprov Jatim yang telah ditunjuk," katanya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Virus Corona
  2. Surabaya
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini