Akhir Pekan, Jokowi dan Iriana Ajak Jan Ethes Hadiri Pawai Kesenian Bali

Sabtu, 15 Juni 2019 14:15 Reporter : Merdeka
Akhir Pekan, Jokowi dan Iriana Ajak Jan Ethes Hadiri Pawai Kesenian Bali jokowi dan jan ethes di bali. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negera Iriana menghadiri pembukaan dan pelepasan pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) di Monumen Perjuangan Rakyat Bali Niti Mandala Kota Denpasar, Sabtu (15/6). Jokowi juga mengajak cucunya, Jan Ethes Srinarendra.

Berdasarkan pantauan, Iriana terlebih dahulu tiba di lokasi pukul 14.17 WITA ditemani oleh sejumlah ibu menteri kabinet kerja. Iriana mengenakan kebaya khas Bali.

Tak lama kemudian, Jokowi ditemani putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka serta istrinya Selvi Ananda tiba di Monumen Perjuangan Rakyat Bali Niti Mandala, Kota Denpasar pada pukul 14.30 WITA. Diiringi penari Pendet, mantan Gubernur DKI Jakarta itu terlebih dahulu berjalan kaki sekitar 50 meter ke tempat lokasi.

Menggunakan pakaian khas Pulau Dewata, Jokowi berjalan kaki sambil menggandeng Jan Ethes. Tampak pula sejumlah Menteri Kabinet Kerja yaitu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Ada juga Gubernur Bali I Wayan Koster, Duta Besar serta perwakilan dari negara sahabat.

Tak hanya membuka acara, Jokowi direncanakan juga akan mengikuti pawai Pesta Kesenian Bali. Acara tersebut rutin dilakukan oleh Pemprov Bali. Pesta Kesenian Bali yang memasuki tahun ke-41, akan digelar 15 Juni-13 Juli 2019. Lokasinya di Taman Budaya, Denpasar, Bali.

Tahun ini, tema yang diusung adalah ‘Bayu Pramana’. Visi tersebut sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Ada 7 agenda utama dalam Pesta Kesenian Bali 2019. Ada pawai, parade, lomba, hingga pagelaran. Ada juga workshop, pameran, dan sarasehan.

Pesta Kesenian Bali 2019 akan diikuti 41 partisipan, 9 kabupaten/kota di Bali, 21 Luar daerah, dan 11 Luar negeri. Kota Denpasar akan mengirimkan 3.000 seniman. Mereka akan mengikuti 26 materi di Pesta Kesenian Bali. Berbagai persiapan sudah dilakukan, seperti pembinaan Janger Kedaton Sumerta di Banjar Kedator Sumerta, Denpasar Timur. Para seniman asal Pulau Dewata akan menampilkan Tari Janger Kedaton. Tarian ini akan melibatkan 32 penari dan 25 orang penabuh iringan musiknya.

Pesta Kesenian Bali juga jadi media untuk melestarikan budaya. Seperti melestarikan tari Janger Kedaton. Tarian ini sudah ada sejak 1906. Janger Kedaton dikenal juga dengan nama Janger Sesungsungan Krama Banjar Kedaton. Tarian tersebut menjadi salah satu aset dan warisan budaya Denpasar.

Reporter: Lizsa Egeham [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini