Abraham Samad nilai citra KPK ditentukan di kasus Century

Minggu, 15 April 2018 14:48 Reporter : Purnomo Edi
Abraham Samad nilai citra KPK ditentukan di kasus Century Abraham Samad. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2011-2015, Abraham Samad beranggapan KPK harus bergerak cepat untuk melanjutkan pengungkapan kasus Bank Century yang menyeret beberapa nama tokoh. Gerak cepat KPK ini diperlukan karena adanya putusan praperadilan terkait kasus Bank Century.

"Harus sesegera mungkin (KPK melakukan penyelidikan lanjutan kasus Bank Century)," ujar Samad di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, Minggu (15/4).

Samad menyampaikan penyelidikan kasus Bank Century telah dilakukan sejak dia masih menjadi Ketua KPK. Dalam kasus Bank Century itu, KPK telah menetapkan seorang tersangka yaitu Budi Mulya yang saat itu menjabat menjadi salah satu Deputi Bank Indonesia (BI).

"Pada saat itu yang pertama kita tetapkan sebagai tersangka adalah Budi Mulya. Di pengadilan Budi Mulya diputus bersalah," ujar Samad.

Samad menjabarkan KPK saat melakukan penyelidikan terhadap kasus Bank Century, dan telah mengantongi sejumlah nama yang telah diputuskan oleh pengadilan terlibat dalam kasus itu. Salah satu nama yang muncul adalah Wakil Presiden RI 2009-2014, Boediono.

"Oleh karena itu, dengan adanya putusan yang sudah inkracht, maka kewajiban hukum KPK untuk segera mungkin menetapkan orang-orang yang disebutkan dalam putusan itu," urai Samad.

Samad meminta agar KPK bisa segera melakukan kewajiban hukum terhadap nama-nama orang yang disebut dalam putusan pengadilan itu. Jika tidak, kata Samad akan berpengaruh pada citra KPK di masyarakat.

"Karena kalau tidak, nanti KPK dianggap bermain-main, dan tidak serius melakukan penegakan pemberantasan korupsi," papar Samad.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, hakim Praperadilan PN Jakarta Selatan dalam amar putusan telah memerintahkan KPK untuk melaksanakan penyidikan lanjutan terhadap kasus Bank Century. Hakim juga meminta KPK untuk menetapkan tersangka baru dalam kasus Bank Century. Salah satu nama yang dimunculkan adalah Boediono yang kala itu menjabat sebagai Dirut BI. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini