2 Korban Longsor di Bantul Belum Ditemukan, Pencarian Dilanjut Besok

Senin, 18 Maret 2019 22:10 Reporter : Purnomo Edi
2 Korban Longsor di Bantul Belum Ditemukan, Pencarian Dilanjut Besok Longsor di Bantul. ©2019 Merdeka.com/Purnomo Edi

Merdeka.com - Pencarian dua korban tertimbun longsor di Dusun Kedungbuweng, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul dihentikan sementara, Senin (18/3). Pencarian terhadap dua korban ini akan kembali dilakukan pada Selasa (19/3).

Dua korban yang tertimbun longsor adalah Eko Supatmi (40) dan Rufi Kusuma Putri (9). Keduanya tertimbun longsor usai hujan mengguyur wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (17/3). Hujan ini menyebabkan tebing di kompleks makam raja-raja Imogiri longsor dan menimpa dua rumah warga.

Kepala BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto menerangkan penghentian sementara dilakukan sekitar pukul 17.30 WIB. Pencarian akan kembali diteruskan pada Selasa (19/3) pagi.

"Kita memutuskan bersama Dandim dan Polres untuk menghentikan proses pencarian. Akan dilanjutkan besok pagi sekitar jam 8 sudah mulai," ujar Dwi saat dihubungi.

Dwi menerangkan tiga alat berat telah dikerahkan untuk mencari keberadaan dua korban tertimbun tanah longsor. Selain itu personel dari BPBD, Basarnas, TNI, Polri dan relawan pun telah dikerahkan untuk melakukan pencarian kedua korban tanah longsor.

Menurut Dwi, alat berat yang dikerahkan tak bisa maksimal bekerja karena kondisi tanah yang tidak stabil. Hal ini membuat pencarian terhadap dua korban tertimbun mengalami kendala.

"Alat berat juga sulit bergerak karena kondisi tanah masih labil. Tanah di atas masih bergerak masih labil. Ada aliran air yang liar. Ini tiga (alat berat) tadi belum efektif posisi lokasi sulit untuk serempak," urai Dwi.

Dwi menerangkan pencarian dua korban ini akan terus dilakukan hingga tiga hari ke depan. Apabila dalam tiga hari ke depan belum ditemukan, maka waktu pencarian akan ditambah.

"Pencarian tiga hari. Namun bilamana belum ditemukan dan keluarga menginginkan korban ditemukan maka pencarian akan ditambah," tutup Dwi. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini