19 TPS di Makassar Gelar Pemilu Ulang, Polisi Beri Pengamanan Berlapis

Jumat, 26 April 2019 20:50 Reporter : Salviah Ika Padmasari
19 TPS di Makassar Gelar Pemilu Ulang, Polisi Beri Pengamanan Berlapis Kapolrestabes Makassar Kombes Polisi Wahyu Dwi Ariwibowo. ©2019 Merdeka.com/Salviah Ika Padmasari

Merdeka.com - 19 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 6 kecamatan di Kota Makassar, menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU), Sabtu (27/4) besok. Polisi telah mempersiapkan pengamanan khusus untuk PSU ini untuk memastikan PSU 19 TPS itu berlangsung lancar dan aman.

"Pengamanan PSU di 19 TPS sudah kami persiapkan. Ada tambahan jumlah personil yang ditempatkan di masing-masing TPS itu. Kalau di Pemilu lalu rata-rata hanya satu personel, untuk besok kita tambah menjadi lima orang personel di tiap TPS," kata Kapolrestabes Makassar, Kombes Wahyu Dwi Ariwibowo di Mapolrestabes, Jumat (26/4).

Penambahan personel ini dimaksudkan untuk memastikan PSU di setiap TPS itu aman dan meminimalisir terjadinya hal tidak diinginkan. Ormas-ormas yang datang ke TPS dengan maksud mengawal pelaksanaan PSU itu pun dilarang mendekat.

"Saya akan tindak keras kalau ada yang menghalang-halangi jalannya PSU. Saya himbau ormas-ormas untuk tidak mendekat," tandas Wahyu seraya menegaskan, soal pengamanan agar diserahkan ke pihak pengamanan.

Sementara itu, komisioner KPU Makassar divisi teknis, Gunawan Mashar mengatakan, jajarannya telah siap menggelar PSU tersebut. Semua logistik sudah siap, tinggal didistribusikan.

Disebutkannya, PSU akan digelar di 19 TPS yang tersebar di enam kecamatan. Masing-masing tiga TPS di Kecamatan Mariso, dua TPS di Kecamatan Panakkukang, dua TPS di Kecamatan Manggala, 10 TPS di Kecamatan Tamalate, dan di Kecamatan Biringkanayya dan Rappocini masing-masing satu TPS.

PSU terbanyak akan digelar di Kecamatan Tamalate yakni di 10 TPS. Kapolsek Tamalate, Kompol Arifuddin yang dikonfirmasi mengatakan, lokasi TPS semuanya sudah siap namun pendirian tendanya, baru enam laporan yang masuk.

"Hingga saat ini baru enam laporan yang saya terima kalau tendanya sudah dibangun. Menunggu laporan dari empat TPS lagi. Soal logistiknya, rata-rata di 10 TPS itu belum ada yang tiba, kita masih tunggu ini apakah dari KPU singgah ke PPK ataukah langsung ke TPS," ujar Kompol Arifuddin. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini