10 Ribu Personel Gabungan Amankan Pertandingan Indonesia vs Thailand

Senin, 9 September 2019 20:05 Reporter : Sania Mashabi
10 Ribu Personel Gabungan Amankan Pertandingan Indonesia vs Thailand Apel Pengamanan PHPU. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Kepolisian akan melakukan pengamanan ketat saat laga sepakbola antara Indonesia melawan Thailand, di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (10/9). Setidaknya akan ada 10 ribu personel TNI dan Polri yang diturunkan untuk mengamankan pertandingan itu.

"Kita sudah mempersiapkan pengamanan sekitar 10 ribu lebih gabungan TNI dan Polri," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Senin (9/9).

Pengamanan itu rencananya akan disebar dalam empat bagian. Bagian dalam stadion, di sekitaran GBK, dan jalan-jalan raya sekitaran GBK.

"Kemudian kita bagi menjadi empat ring tentunya di dalam stadion ada satu ring, kemudian di luar stadion di sekitar stadion GBK, ring 3 yang masuk ke stadion, ring ke 4 di jalan2 menuju stadion, GBK. Semuanya sudah kita plot, sudah kita lakukan rencana pengamanan," ungkapnya.

Argo mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi terkait pengamanan dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Hal itu, kata dia perlu dilakukan agar pengaman saat pertandingan lebih baik lagi.

"Kenapa kita koordinasi, karena selama ini kan kita enggak pernah koordinasi artinya jarang untuk rapat bersama, untuk mencoba seperti apa untuk pengamanan. Jarang, makanya sekarang kita lakukan karena ini event internasional," ucapnya.

Tambahnya, pemeriksaan para penonton juga akan diperketat. Sehingga lebih bisa meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

"Untuk penonton, untuk kita lakukan pemeriksaan, jangan sampai membawa sajam ataupun minuman yang dikemasan plastik yang ada nettonya. Kita enggak memperbolehkan membawa masuk. Nanti akan kita cek penonton ini," ujarnya.

Argo juga mengingatkan para penonton selalu menjaga ketertiban. Serta menjunjung tinggi solidaritas dan sportivitas.

"Jangan sampai kita berbuat, kita akan mendapat sanksinya. Kita tunjukkan sportivitas sebagai tuan rumah yang layak yang cocol menjadi tuan rumah yang baik," ucapnya. [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini