Toyota Indonesia 2019: Model Populer Turun termasuk Avanza dan Calya

Senin, 13 Januari 2020 18:18 Reporter : Syakur Usman
Toyota Indonesia 2019: Model Populer Turun termasuk Avanza dan Calya New Astra Toyota Calya. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) mencatat penjualan ritel 331.500 unit pada tahun lalu (2019). Bila digabung dengan merek Lexus, maka total penjualan ritelnya naik menjadi 332.800 unit.

Dengan total penjualan tersebut, pangsa pasar Toyota Indonesia mencapai 32 persen dan masih menjadi pemain otomotif terbesar di pasar otomotif nasional. Peringkat kedua ditempati oleh Daihatsu Indonesia dengan pangsa pasar sekitar 17 persen.

Bila dibandingkan penjualan ritel tahun sebelumnya (2018), penjualan Toyota termasuk Lexus turun 7 persen. Penurunan ini lebih rendah dibandingkan penurunan pasar mobil nasional yang berkisar 13 persen pada tahun lalu.

Dari lima model yang menjadi kontributor terbesar penjualan tahun lalu, hanya All New Rush yang tidak mengalami penurunan penjualan. Empat model lainnya mengalami penurunan, yakni New Avanza, Kijang Innova, Astra Toyota Calya, dan Fortuner.

1 dari 1 halaman

Mobil Murah Toyota Calya Turun Terbesar

Berdasarkan data Toyota Indonesia, secara mengejutkan, penurunan penjualan terbesar terjadi pada model mobil murah ramah lingkungan (LCGC), Astra Toyota Calya, yakni 11 persen, bersama mobil SUV Fortuner. Masing-masing penjualannya turun menjadi 55.800 unit dan 18.200 unit.

Sedangkan mobil sejuta umat, New Avanza, hanya mencatat penurunan penjualan 9 persen menjadi 81.900 unit. Model yang juga menurun penjualannya adalah Kijang Innova, juga sebesar 9 persen menjadi 54.500 unit.

"Hanya All New Rush yang penjualannya tetap positif, bahkan tumbuh 8 persen menjadi 57.400 unit," demikian quick report Toyota Indonesia yang diterima Merdeka.com, baru-baru ini.

[sya]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini