Tips Perjalanan Mudik Jadi Asyik dari AXIC, Komunitas Mobil Sejuta Umat

Jumat, 31 Mei 2019 17:34 Reporter : Syakur Usman
Tips Perjalanan Mudik Jadi Asyik dari AXIC, Komunitas Mobil Sejuta Umat tips mudik asyik ala komunitas Axic. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Tak dipungkiri, mobil sejuta umat, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia, merupakan mobil yang banyak dipakai masyarakat untuk kegiatan mudik Lebaran. Seperti pada mudik Lebaran tahun ini, apalagi bagi yang mudik ke Pulau Jawa, jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan ujung barat Jawa dengan timur Jawa, menjadi daya tarik tersendiri bagi pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat.

Meski rutin, tantangan mudik dengan menggunakan mobil setiap tahun berbeda, selain jarak tempuh yang relatif jauh. Untuk itu, salah satu komunitas mobil sejuta umat di Tanah Air, AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC), mempunyai tips mudik yang asyik untuk mudik Lebaran 2019. Inilah enam tips mudik asyik ala AXIC, yang dikutip dari media sosial komunitas ini:

1. Sebelum mudik, cek kondisi kendaaran Anda untuk memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima. Bengkel resmi atau bengkel umum langgan Anda bisa dimanfaatkan untuk keperluan pengecekan ini.

2. Jaga stamina saat mengendarai mobil. Jangan memaksakan diri tetap mengemudi jika rasa kantuk datang. Jika lelah, sebaiknya istirahat, minimal 4 jam sekali tubuh Anda butuh istirahat.

3. Tentukan rute perjalanan mudik Anda. Agar tahu kondisi jalan terbaru, pantau perkembangan terkini rute mudik Anda dengan aplikasi peta di smartphone.

4. Jaga kecepatan berkendara. Tidak perlu terburu-buru mengejar waktu, keselamatan Anda, penumpang, dan keluarga di rumah lebih utama.

5. Jika bersama balita atau anak-anak, ciptakan kondisi selama berkendara senyaman mungkin. Tujuannya supaya anak Anda tidak rewel selama perjalanan mudik.

6. Untuk para anggota AXIV, tetap patuhi enam pilar "smart driving AXIC". Yakni anti-bahu jalan, mengunakan seatbelt kepada seluruh penumpang, tidak menggunakan ponsel saat mengemudi, tidak menggunakan lampu hazard saat tidak sedang berhenti atau kondisi darurat, jangan menerobos jalan saat banjir, dan prioritaskan atau dahulukan ambulance yang melintas.

Komunitas AXIC pada April lalu tepat berusia 15 tahun. Saat ini jumlah anggota AXIC di seluruh Indonesia lebih dari 6.000 ID. Berdiri sejak 3 April 2004, AXIC juga makin Indonesia dengan memiliki 12 chapter di kawasan Jabodeta (tanpa Bekasi) dan 54 cabang, mulai dari Pulau Sumatra hingga Papua. [sya]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini