Palembang Tuan Rumah MXGP 2019, Diikuti 28 Crosser Dunia

Senin, 27 Mei 2019 18:46 Reporter : Irwanto
Palembang Tuan Rumah MXGP 2019, Diikuti 28 Crosser Dunia Red Bull 111 Megawatt 2017. ©2017 Bartek Wolinski/Red Bull Content Pool via REUTERS

Merdeka.com - Palembang menjadi tuan rumah Motocross Grand Prix (MXGP) pada 6-7 Juli 2019. Kejuaraan ini diikuti 28 crosser dari 28 negara di dunia.

Hal itu terungkap dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Gubernur Sumsel Herman Deru di Palembang, Senin (27/5). Disepakati kejuaraan itu digelar di kompleks Jakabaring Sport City (JSC) yang merupakan areal olahraga internasional SEA Games 2011 dan Asian Games 2018.

Ketua IMI Sadikin Aksa mengungkapkan, sebelumnya diputuskan digelar di Bangka, namun terkendala penerbangan sehingga even ini dialihkan ke Palembang. Pemilihan Palembang sebagai tuan rumah karena banyak faktor, di antaranya fasilitas pendukung yang lengkap dan penerbangan dalam jumlah banyak.

"Untuk tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah MXGP dunia, dan Palembang kita pilih," ungkap Sadikin, Senin (27/5).

Dikatakannya, pihaknya tengah menyiapkan lahan seluas 1,6 hektare yang bakal dibangun usai lebaran. Pembangunan sirkuit rencananya didatangkan dari Yunani.

"Pembuatan sirkuit cuma butuh waktu sebulan, anggarannya juga tidak banyak, tidak seperti sirkuit Moto GP," ujarnya.

Gubernur Sumsel Herman Deru memprediksi bakal ada 1.500 wisatawan asing datang ke Palembang selama even berlangsung. Otomatis akan meningkatkan perekonomian dan wisata di Bumi Sriwijaya.

"Ini kejuaraan semua kelas, bisa dinikmati orang banyak, saya ingin orang ingat pempek dan MXGP itu Palembang, itu yang saya senangnya, lagi pula tidak pakai APBD dan APBN," kata Deru. [ded]

Topik berita Terkait:
  1. Balap Motor
  2. Palembang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini