Astra Honda Rilis Dua Motor Besar, Satu Model Seharga Mobil SUV Medium

Rabu, 5 Februari 2020 20:52 Reporter : Syakur Usman
Astra Honda Rilis Dua Motor Besar, Satu Model Seharga Mobil SUV Medium Astra Honda Motor luncurkan dua motor baru di awal 2020. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pabrikan Astra Honda Motor (AHM) merilis dua motor baru sekaligus di awal 2020. Yang pertama adalah Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports. Ini model motor adventur khusus bagi pecinta sepeda motor adventure tourer sejati di Indonesia.

Motor besar ini seharga mobil SUV medium, yakni tipe manual Rp 559,9 juta (on the road Jakarta) dan tipe DCT Rp 599,9 juta.

Seharga mobil SUV medium, Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports mengusung mesin baru yang semakin bertenaga dan dilengkapi berbagai fitur canggih. Mesin baru berkapasitas 1.084 cc 4 stroke SOHC dengan konfigurasi parallel twin-cylinder berpendingin cairan mampu menghasilkan tenaga maksimal 75 kW di 7.500 rpm dan torsi puncak 105 Nm di 6.000 rpm.

Namun, bobotnya kini lebih ringan 5 kilogram dari model sebelumnya, sehingga Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports semakin lincah dalam bertualang di medan on-road dan off-road.

Fitur Lengkap dan Canggih

Ketangguhannya semakin diperkuat dengan fitur lengkap dan canggih di kelasnya. Seperti sensor Inertial Measurement Unit (IMU) yang berfungsi untuk mendeteksi posisi sepeda motor dalam 6 poros dan dapat terhubung pada fitur lain, seperti ECU dan ABS sehingga sepeda motor dapat menyesuaikan kondisi medan yang dilalui.

Motor adventure tourer ini juga dilengkapi pengaplikasian 4+2 riding mode. Jadi pengendara dapat memilih mode yang sesuai dengan jalan yang dihadapi; mode tour, urban, gravel, dan off-road. Sementara, untuk 2 riding mode tambahan, merupakan pilihan mode yang dapat diatur sendiri oleh pengendara dalam menyesuaikan kebutuhannya dalam berkendara.

“Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports hadir untuk memberikan pengalaman yang luar biasa dan menyenangkan dalam menaklukan tantangan di berbagai medan dengan daya jelajah yang jauh,” ujar Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur AHM, di Jakarta, kemarin.

Pada tipe DCT terdapat dua mode, yaitu Mode D yang menawarkan keseimbangan terbaik antara konsumsi bahan bakar dan kenyamanan berkendara. Sedangkan mode S memberikan tambahan performa sport. Namun, ada juga ”G switch” untuk fluktuasi lebih bertenaga pada RPM rendah saat melewati medan off-road.

Saat fitur ”G” ini dimatikan, pengiriman tenaga akan lebih lembut. Untuk Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports tipe DCT, juga dilengkapi fitur cornering detect. Fitur ini berfungsi menghasilkan perpindahan gigi lebih natural saat melewati belokan.

1 dari 1 halaman

New Honda Rebel

2020 Merdeka.com

Pada kesempatan sama, AHM juga meluncurkan Honda Rebel, sepeda motor kustom yang menjadi cerminan gaya hidup dan jati diri pengendaranya. Tampil dengan warna dan berbagai fitur baru, model ini semakin memberikan kebanggaan dan ruang kustomisasi tanpa batas.

Big bike Honda terlaris di Tanah Air ini hadir dengan warna baru yang semakin ekspresif, yakni Matte Jeans Blue Metallic. Untuk mendukung sisi tata cahaya, sistem penerangan LED disematkan pada lampu utama, lampu belakang, dan lampu sein berbentuk bulat.

New Honda Rebel hadir dengan tiga warna pilihan, yakni Graphite black, Matte Armored Silver Metallic, dan Matte Jeans Blue Metallic. Harganya Rp 169,2 juta (OTR Jakarta). Model ini dipasarkan secara eksklusif pada 11 Big Wing di Indonesia.

Toshiyuki Inuma mengatakan Honda Rebel merupakan model yang dapat mengekspresikan identitas pengendaranya. Honda Rebel tidak hanya menjadi moda transportasi bagi pengendaranya. Perubahan pada model ini kami hadirkan untuk mendukung media ekspresi bagi pecinta sepeda motor yang memiliki karakter berani, tapi memiliki selera modern minimalis.

Desain Klasik dan Sederhana

Dua kata kunci saat pengembangan Honda Rebel, yaitu sederhana dan mudah untuk dikreasikan sesuai keinginan pengendara. Desainnya tak lekang oleh waktu dan mempunyai ban lebar berpadu dengan siluet yang rendah dan ramping. Tangkinya diposisikan mendongak dengan kapasitas 11,2 liter serta setang kemudi lebar, sehingga pengendara dapat duduk dengan sempurna di atas motor.

Honda Rebel berbekal mesin 471cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder yang diambil dari mesin Honda CBR500R yang sporti. Untuk menghadirkan kemampuan jelajah, telah dilakukan perubahan settingan PGM-FI yang menghasilkan karakter berbeda dari yang berfokus pada performa rpm tinggi pada CBR menjadi output torsi bottom-end yang padat dengan penyaluran halus dan linear di seluruh rentang putaran. Torsi maksimum 43,6Nm di 5.500 rpm dan menghasilkan tenaga puncak 33,5 kW di 8.500rpm.

[sya]
Topik berita Terkait:
  1. Motor Honda
  2. Honda CRF
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini