Pentingnya Kesehatan Mental dan Cara Menjaganya, Baca Lebih Lanjut

Rabu, 9 Juni 2021 15:19 Reporter : Edelweis Lararenjana
Pentingnya Kesehatan Mental dan Cara Menjaganya, Baca Lebih Lanjut Kesehatan mental WHO. ©2020 Merdeka.com/Pixabay.com

Merdeka.com - Kesehatan adalah hal yang penting baik bagi individu maupun bagi pembangunan negara. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kesehatan sebagai “keadaan sejahtera fisik, mental, sosial dan spiritual dan bukan hanya bebas dari penyakit atau kelemahan”.

WHO mendefinisikan kesehatan mental sebagai kesejahteraan mental di mana seorang individu menyadari kemampuannya sendiri, dapat mengatasi tekanan hidup yang normal, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya.

Dalam pengertian positif ini, kesehatan mental adalah dasar bagi kesejahteraan individu dan berfungsinya komunitas secara efektif. Menurut CDC, kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial.

Hal ini akan memengaruhi cara seseorang berpikir, merasa, dan bertindak. Kesehatan mental juga membantu menentukan bagaimana seseorang tersebut menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan yang sehat.

Kesehatan mental penting di setiap tahap kehidupan, dari masa kanak-kanak dan remaja hingga dewasa. Meskipun istilah tersebut sering digunakan secara bergantian, kesehatan mental yang buruk dan penyakit mental bukanlah hal yang sama.

Seseorang dapat mengalami kesehatan mental yang buruk dan tidak didiagnosis dengan penyakit mental. Demikian juga, seseorang yang didiagnosis dengan penyakit mental dapat mengalami periode kesejahteraan fisik, mental, dan sosial. Berikut selengkapnya mengenai pentingnya kesehatan mental yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Sadari Pentingnya Kesehatan Mental...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini