Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Doa Setelah Membaca Surat Al-Mulk, Hafal dan Amalkan

Doa Setelah Membaca Surat Al-Mulk, Hafal dan Amalkan<br>

Doa Setelah Membaca Surat Al-Mulk, Hafal dan Amalkan

Lafalkan doa ini untuk melengkapi bacaan doa Al-Mulk Anda, dan ketahui pula keutamaannya.

Al-Quran adalah pedoman hidup umat Islam. Membaca Al-Quran merupakan salah satu ibadah yang utama dan sangat dianjurkan. Di dalam Al-Quran, terdapat berbagai macam surat yang bisa dibaca, salah satunya adalah surat Al-Mulk.

Surat Al-Mulk merupakan surat ke-67 dalam Al-Qur’an. Surat ini terdiri dari 30 ayat dan termasuk ke dalam golongan surat-surat Makkiyah.

Usai membaca surat Al-Mulk, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa tambahan guna menyempurnakan pahala dan mendapatkan fadilah atau keutamaan dari surat Al-Mulk tersebut. Seperti apa bunyi doa setelah membaca surat Al-Mulk? Dilansir dari laman NU Online, ini dia ulasannya.

<b>Doa Setelah Membaca Surat Al-Mulk</b>

Doa Setelah Membaca Surat Al-Mulk

Berikut ini adalah bunyi doa setelah membaca surat Al-Mulk yang dapat Anda hafalkan dan amalkan:

اَللّٰهُمَّ اعْصِمْنَا بِالْإِسْلَامِ قاعدا وَرَاقِدًا وَلَاتُشْمِتْ فِيْنَا عَدُوًّا وَّلَاحَاسِدًا اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ دَآبَّةٍ اَنْتَ اٰخِذٌ بِنَاصِيَتِهَا، وَنَسْئَلُكَ الْخَيْرَ الَّذِيْ بِيَدِكَ

Allahumma'shimnaa bil Islaami qoo'idan wa rooqidan walaa tusymit fiinaa'aduwwan walaa haasidan. Allahumma innaa na'uudzu bika min syarri kulli daabbatin anta aakhidzun binaashiyatihaa wa nas-alukal khoirol ladzi biyadika.

Artinya: "Ya Allah, jagalah diriku dengan tetap memeluk Islam, baik ketika duduk dan tidur. Janganlah Engkau bahagiakan hati musuh dan orang yang hasut kepada kami. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kejahatan setiap makhluk. Engkau adalah Zat yang mengendalikan mereka dan aku memohon kepada-Mu kebaikan-kebaikan yang ada pada-Mu."

Selain selain membaca doa setelah membaca surat Al-Mulk seperti di atas, kita juga dapat membaca serangkaian doa sebagai berikut:

1. Istighfar

Istighfar sangat baik dibaca sebagai doa setelah membaca surat Al-Mulk, karena surat ini mengajarkan tentang kekuasaan Allah SWT yang harus diakui dan dihormati oleh manusia.

Berikut adalah istighfar sebagai doa setelah membaca surat Al-Mulk:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullahalladzi laillaha illa huwal hasyyul qoyyumu wa atubu ilaih

Artinya: “Aku memohon ampun kepada Allah yang tiada Tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup, Yang Maha Qayyum, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

2. Doa Perlindungan

Doa perlindungan juga baik untuk dibaca sebagai doa setelah membaca surat Al-Mulk. Sebab, surat Al-Mulk juga mengandung peringatan tentang adanya siksaan kubur, sehingga penting bagi kita untuk memohon perlindungan dari Allah SWT.

Contoh doa perlindungan yang bisa dibaca sebagai doa setelah membaca surat Al-Mulk adalah:

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

Audzubillahi minasyaitonirojim

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk.”

3. Doa Selamat Dunia Akhirat

Selanjutnya doa setelah membaca surat Al Mulk lainnya adalah doa meminta keselamatan dunia akhirat.

Berikut ini adalah doa yang dapat dilakukan setelah membaca Surat Al-Mulk:

“اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ”

Allahuma Inni audubika min'adzabi jahannam, wa'auudzubika min adzabil qobri, wa'auudzubika minfitnatil mahya walmamati, wa'auudzubika bika minfitnatil masihiddajjal

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan neraka Jahanam, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kehidupan dan kematian, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah Al-Masih Ad-Dajjal.”

<b>Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk</b>

Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk

Ada sebuah hadis menjelaskan bahwa dari dari sekian banyak surat Al-Quran, surat Al Mulk termasuk yang suka dibaca Rasulullah sebelum tidur.

"Nabi SAW tidak tidur sampai beliau membaca Alif Lam Mim Tanzil (Surat As Sajdah) dan Tabarakalladibiyadihil-mulk (Surat Al Mulk)" (HR Ahmad).

Surat Al-Mulk merupakan salah satu surat dalam Al-Quran yang memiliki keutamaan yang dapat memberikan pertolongan ketika di akhirat. Adapun keutamaan membaca surat Al Mulk diyakini akan mendatangkan keberkahan dan bekal akhirat bagi yang membacanya.

Berikut ini adalah beberapa keutamaan dari membaca surat Al-Mulk:

1. Dijauhkan dari Maksiat

Seperti yang dijelaskan oleh Syaikh As Sa’di: “Mereka takut kepada Allah dalam setiap keadaan sampai-sampai pada keadaan yang tidak ada yang mengetahui amalan mereka kecuali Allah. Mereka tidak melakukan maksiat dalam kesunyian. Mereka pun tidak mengurangi ketaatan mereka ketika itu.”

Dalam Surat Al-Mulk ayat 12 Allah berfirman yang artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya Yang tidak nampak oleh mereka, mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar.”

Berdasarkan kedua dalil di atas, jelas bahwa orang yang taat kepada Allah akan tetap taat meskipun saat melakukan ibadah tidak ada orang yang melihatnya. Orang yang beriman akan tetap taat kepada Allah meski dalam kesunyian malam dan takut melakukan perbuatan maksiat.

2. Disayang oleh Rasulullah SAW

Keutamaan membaca surat Al-Mulk bagi umat muslim, salah satunya disayang oleh Rasulullah SAW. Beliau sangat menyayangi hambanya, yang gemar berselawat serta membaca dan mengamalkan surat Al-Mulk.

Selain itu, surat Al-Mulk mampu membawa ketenangan hati bagi para pembaca dan penghafalnya. Rasulullah SAW bersabda, “Saya gemari supaya surat ini (Tabarakalladzi biyadihil mulk) terdapat di setiap hati orang mukmin.” (HR. Al Hakim)

3. Diberikan pahala berkali lipat

Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran), maka baginya satu hasanah (kebaikan) dan satu hasanah itu sama dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR at-Tirmidzi)

Dengan rajin membaca surat Al-Mulk, Allah SWT akan melipatgandakan pahalanya sampai 10 kali bagi siapapun yang Dia kehendaki. Tidak hanya membaca Al-Mulk, saat kita membaca Alquran, Allah SWT akan memberikan 1 huruf 10 ganjaran kebaikan.

4. Selamat dari siksa kubur dan siksa neraka

Membaca surat Al-Mulk sebelum tidur memiliki keutamaan yang sangat luar biasa yaitu bisa menghindarkan diri seorang muslim dari siksa kubur dan siksa neraka yang pedih.

Hal ini seperti hadis dari Abdullah bin Mas’ud mengatakan:

“Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah ‘azza wa jalla menghindarkannya dari azab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah-shallallahu alaihi wasallam- (masih hidup) menamainya “ al-Mani’ah” (penghindar/penghalang).

Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabullah, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan.” (HR. AN-Nasa’i)

Doa Setelah Membaca Surat Al-Mulk, Hafal dan Amalkan

5. Mendapatkan syafaat dan diampuni dosanya

Keutamaan membaca surat Al-Mulk adalah datangnya pertolongan dari Allah SWT. Kelak di hari kiamat, Allah SWT akan memberikan syafaat yang berarti pertolongan kepada hambanya melalui Rasulullah SAW.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Bahwasanya suatu surat di dalam Al-Qur’an mempunyai 30 ayat, yang memberikan syafaat kepada pembacanya sehingga diampuni oleh Allah dosa orang itu, yaitu: Tabarakallazi bi yadihil mulk, Maha Suci Allah yang di tangan-Nyalah segala kerajaan.” (HR Abu Dawud).

Doa Selesai Sholat Lengkap dengan Zikirnya, Amalkan Segera
Doa Selesai Sholat Lengkap dengan Zikirnya, Amalkan Segera

Membaca doa selesai sholat sangat besar keutamaannya, sekaligus semakin melengkapi ibadah Anda.

Baca Selengkapnya
Doa Surat Al-Waqiah dan Keutamaan Membacanya, Lafalkan Selalu
Doa Surat Al-Waqiah dan Keutamaan Membacanya, Lafalkan Selalu

Usai membaca surat Al-Waqiah, dianjurkan agar memanjatkan doa ini untuk melengkapi amalannya.

Baca Selengkapnya
Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah, Lengkapi Amalan Harian
Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah, Lengkapi Amalan Harian

Doa setelah membaca surat Al-Waqiah patut untuk Anda ketahui guna memaksimalkan bacaannya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Doa Sholat Dhuha dan Artinya, Ketahui Pula Tata Cara Pelaksanaannya
Doa Sholat Dhuha dan Artinya, Ketahui Pula Tata Cara Pelaksanaannya

Membaca doa usai sholat dhuha akan menambah kesempurnaan amal ibadah yang satu ini.

Baca Selengkapnya
Doa Sedekah Subuh dan Artinya, Ketahui Manfaat Keutamaannya
Doa Sedekah Subuh dan Artinya, Ketahui Manfaat Keutamaannya

Penting untuk membaca doa sedekah Subuh saat mengamalkannya.

Baca Selengkapnya
Baca Doa Sahur, Dalil, dan Hikmah di Dalamnya
Baca Doa Sahur, Dalil, dan Hikmah di Dalamnya

Sama seperti ibadah lainnya, baca doa sahur, atau niat puasa ini juga penting dilakukan sebelum kita hendak berpuasa.

Baca Selengkapnya
Doa Allahummarhamna Bil Quran dan Artinya, Menyentuh Hati
Doa Allahummarhamna Bil Quran dan Artinya, Menyentuh Hati

Doa khatam Al Quran memiliki makna bijak yang mendalam.

Baca Selengkapnya
Doa sesudah Sholat Tahajud dan Dzikirnya, Amalan Ringan untuk Meminta Ampunan
Doa sesudah Sholat Tahajud dan Dzikirnya, Amalan Ringan untuk Meminta Ampunan

Keutamaan Sholat Tahajud tidak hanya terletak pada serangkaian rukun sholat yang dijalani, melainkan juga pada doa yang diucapkan setelahnya.

Baca Selengkapnya
Bacaan Doa Setelah Sholat Witir Lengkap dengan Artinya, Patut Dihafalkan
Bacaan Doa Setelah Sholat Witir Lengkap dengan Artinya, Patut Dihafalkan

Terdapat doa yang dianjurkan untuk dibaca setelah sholat witir. Hafalkan segera.

Baca Selengkapnya