Cara Mengatasi Jerawat Hormonal dengan Efektif, Kenali Penyebab Utamanya

Senin, 12 Oktober 2020 09:01 Reporter : Edelweis Lararenjana
Cara Mengatasi Jerawat Hormonal dengan Efektif, Kenali Penyebab Utamanya Ilustrasi jerawat. ©Shutterstock

Merdeka.com - Jerawat hormonal, sesuai dengan namanya, adalah jerawat yang terkait dengan fluktuasi hormon. Meskipun biasanya dikaitkan dengan fluktuasi hormon selama masa pubertas, jerawat hormonal dapat memengaruhi orang dewasa di segala usia.

Jerawat hormonal sangat umum terjadi pada wanita. Sejumlah faktor dapat menyebabkan timbulnya jerawat ini, termasuk menstruasi dan menopause.

Pendapat para ahli beragam dalam hal jerawat hormonal. Meskipun Mayo Clinic mengatakan hormon umumnya bukan faktor penyebab jerawat pada orang dewasa, ketidakseimbangan hormon ternyata tetap dapat menyebabkan jerawat pada orang dewasa dengan kondisi medis yang mendasarinya.

Selama masa pubertas, jerawat hormonal sering muncul di zona-T. Ini termasuk dahi, hidung, dan dagu. Jerawat hormonal pada orang dewasa biasanya terbentuk di bagian bawah wajah. Ini termasuk bagian bawah pipi dan di sekitar garis rahang.

Bagi sebagian orang, jerawat hormonal dapat berupa komedo, komedo putih, dan jerawat kecil yang muncul di kepala, atau kista. Mengutip dari skinkraft.com, berikut ini adalah penyebab dan cara mengatasi jerawat hormonal yang wajib Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Penyebab dan Gejala Jerawat Hormonal...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini