5 Cara Mengatasi Fungal Acne pada Kulit, Kenali Penyebab dan Ciri-cirinya

Selasa, 20 Oktober 2020 18:30 Reporter : Edelweis Lararenjana
5 Cara Mengatasi Fungal Acne pada Kulit, Kenali Penyebab dan Ciri-cirinya Ilustrasi jerawat. ©Shutterstock

Merdeka.com - Fungal acne atau jerawat jamur adalah jenis infeksi pada folikel rambut kulit. Fungal Acne paling sering muncul sebagai jerawat kecil yang bentuk dan ukurannya tidak terlalu bervariasi, sering kali disertai rasa gatal. Fungal acne dapat menyebabkan komedo putih dan iritasi kulit. Fungal acne sering disalahartikan sebagai acne vulgaris, padahal keduanya berbeda.

Fungal acne dan acne vulgaris adalah dua kondisi berbeda yang disebabkan oleh dua hal berbeda. Mereka tidak bisa disembuhkan dengan satu jenis perawatan yang sama. Jika Anda terus menggunakan perawatan anti jerawat, Anda justru malah dapat memperburuk fungal acne.

Fungal acne adalah kondisi kulit umum yang sering salah didiagnosis. Fungal acne tumbuh subur di keringat yang diproduksi oleh kulit. Dalam istilah ilmiah dikenal sebagai malassezia (pityrosporum) folliculitis, mengutip dari skinkraft.com. Fungal acne membuat kulit terasa gatal, tidak seperti jerawat biasa. Ini juga dapat mengiritasi kulit hingga menjadi merah.

Fungal acne bisa membesar bahkan mengandung nanah. Mereka terlihat seperti komedo putih kecil, biasanya muncul di wajah, dada, bahu, akar rambut dan punggung dan muncul dalam kelompok. Penting untuk memahami seperti apa fungal acne dan bagaimana perkembangannya. Berikut penjelasan mengenai gejala dan tanda fungal acne, serta cara mengatasi funal acne yang wajib diketahui.

Baca Selanjutnya: Penyebab Fungal Acne...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini