Rincian Anggaran Mudik Gratis Pemprov DKI Rp14 M, Harga Sewa Bus Rp19,3 Juta

Senin, 10 Juni 2019 19:27 Reporter : Merdeka
Rincian Anggaran Mudik Gratis Pemprov DKI Rp14 M, Harga Sewa Bus Rp19,3 Juta anies dan kapolda metro lepas 17 ribu pemudik. ©2019 Merdeka.com/ika defianti

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan penggunaan anggaran untuk program mudik gratis sebesar Rp14 miliar. Dia menyebut anggaran tersebut dipakai untuk ongkos berangkat dan kepulangan masyarakat yang ikut serta mudik gratis.

"Ada satu hal yang pasti, bahwa program mudik gratis itu PP (pulang pergi). Jadi bukan hanya satu jalan jadi dibiayai untuk berangkat dan kembali lagi ke Jakarta," kata Anies di Balaikota, Jakarta Pusat, Senin (10/6).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyebut rincian penganggaran tersebut telah diterbitkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta dalam bentuk infografis.

Dalam data tersebut dirincikan bahwa Rp11,4 Milliar digunakan untuk menyewa 594 bus, terdiri dari 372 bus mudik dan 222 bus balik. Bus tersebut pun berkapasitas 54 penumpang.

Dari jumlah bus yang disewa, maka harga sewa satu bus yakni Rp19,3 juta. Sehingga bila dirinci, satu orang pemudik dikenakan biaya sebesar Rp358 ribu.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Widjatmoko menuturkan, bus dari dan untuk arah balik diberangkatkan dari Ciamis, Kuningan, Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta dan Jombang.

"Bus tersebut akan menuju Terminal Terpadu Pulogebang, Jakarta Timur," kata Sigit.

Pihaknya juga menyediakan sebanyak 26 truk pengangkut sepeda motor yang diberangkatkan dari 10 kota asal pemudik. Ciamis1 truk, Kuningan 1 truk, Tegal 2 truk, Pekalongan 3 truk, Semarang 3 truk, Kebumen 3 truk, Solo 5 truk, Yogyakarta 4 truk, Wonogiri 3 truk dan Jombang 1 truk.

Reporter: Ika Defianti [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini