Pencari Suaka di Kebon Sirih Akan Dipindah ke Jakarta Islamic Center

Rabu, 10 Juli 2019 07:03 Reporter : Merdeka
Pencari Suaka di Kebon Sirih Akan Dipindah ke Jakarta Islamic Center Imigran di Kebon Sirih. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetio Edi Marsudi menyebut para pencari suaka di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat akan dipindahkan ke Jakarta Islamic Center, Jakarta Utara. Dia menyebut pemerintah daerah tak elok melihat adanya lokasi pengungsian di sekitar perkantoran.

Pantauan Liputan6.com Ketua DPRD DKI bersama perwakilan Kesbangpol DKI, Satpol PP DKI dan UNHCR hingga sejumlah para pencari suaka melakukan komunikasi bersama di gedung DPRD DKI Jakarta dari pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.30 WIB.

"Sudah dua minggu teman-teman dari Somalia, Afghanistan dan Sudan ada di sini, mereka saya panggil agar malam ini mereka berkoordinasi dengan teman-teman yang 241 orang yang ada di bawah. Nanti akan kita pindahkan rencananya besok pagi ke Islamic Center," kata Prasetio di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (9/7).

Jakarta Islamic Center memiliki tempat yang luas, sehingga dia mengharapkan, para pencari suaka mau untuk dipindahkan. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan sejumlah fasilitas, mulai dari kesehatan hingga makanan.

"Kita tampung dulu di Islamic Center untuk kita beri makanan juga, karena mereka kan juga manusia, ada anak-anak kecil yang udah tiga hari sakit. Kalau masalah tuntutan (para pencari suaka) saya nggak tahu," jelas politisi PDIP tersebut.

Kendati begitu, Prasetio tidak dapat memastikan berapa lama para pencari suaka akan tinggal sementara di Islamic Center.

"Sebagai pemerintah daerah membantu memfasilitasi lah. Mudah-mudahan pemerintah juga, atau UNCHR melihat situasi ini, langsung terbuka untuk kepentingan kemaslahatan masyarakat," ujarnya.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini