Lurah Kalideres Keluhkan Pencari Suaka Membandel

Senin, 15 Juli 2019 03:04 Reporter : Merdeka
Lurah Kalideres Keluhkan Pencari Suaka Membandel Imigran pencari suaka. ©2019 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Lurah Kalideres, Mochamad Fahmi kaget melihat jumlah pencari suaka yang tinggal di eks Gedung Kodim, Kalideres, Jakarta Barat. Sebab, angkanya melampaui prediksinya. Data yang dimiliki pihak kelurahan, jumlah imigran pencari suaka sebetulnya tidak terlalu banyak.

"Sebenarnya gini saya pun berpikir jumlahnya 300 pengungsi, tidak menyangka sebanyak ini. Loh kok jumlahnya 1.000 gitu," kata Fahmi di temui di Eks Gedung Kodim, Minggu (14/7).

Fahmi berjanji mengawasi dan menjaga aktivitas para pencari suaka agar tidak mengganggu warga. Sebanyak enam orang personel gabungan dari Satpol PP dan PPSU ditempatkan ke lokasi. Mereka akan berjaga selama 24 jam. Petugas itu memberikan pemahaman agar para imigran tidak berkeliaran.

"Kita juga gembok. Kita juga pasang spanduk pemberitahuan. Kemudian kita berharap temen-temen dari Satpol PP untuk mengimbau pada yang ada di luar ini untuk bisa masuk dan tidak berkeliaran," ujar dia.

Menurut Fahmi, para imigran ini terkadang kurang mengindahkan imbauan petugas. "Sama kita bandel, kita mengharapkan UNHCR di sini. Karena mereka dengar UNHCR, kalau sama kita tidak. Sama UNHCR patuh," ucap dia.

Sementara itu, Ketua RT 005 RW 17Jantoni, menyatakan akan melayangkan surat keberatan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menanggapi keberadaan Imigran di lingkungannya.

"Sekarang ini lagi dilaksanakan petisi itu. Dan saya lagi kerjakan sementara 25 persen dari warga saya aja," tutup dia.

Reporter: Ady Anugrahadi
Sumber: Liputan6.com [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Imigran
  3. Pencari Suaka
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini