Jokowi Hadiahkan Sepeda ke 9 Penari Istana Yang Perkenalkan Motif Batik

Rabu, 2 Oktober 2019 23:30 Reporter : Arie Sunaryo
Jokowi Hadiahkan Sepeda ke 9 Penari Istana Yang Perkenalkan Motif Batik 9 penari Istana Mangkunegaran memperkenalkan batik. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Acara puncak peringatan Hari Batik Nasional di Istana Mangkunegaran Solo, Rabu (2/10) berlangsung meriah. Sebelum Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan, hadirin disuguhi tarian Hambabar Batik.

Sebanyak 9 penari putri dengan kostum berbagai motif batik, terlihat sangat luwes memperagakan tari karya GPH Herwasto Kusuma tersebut. Presiden Jokowi nampak terkesan dengan aksi penari dari sanggar tari Kinarya Soeryo Sumirat Istana Mangkunegaran itu. Mereka mengenalkan nama-nama motif batik. Jokowi pun akhirnya memanggil 9 penari tersebut untuk maju ke depan.

"Coba yang menari tadi ke sini," ujar presiden disambut tepuk tangan hadirin.

"Jangan minta sepeda, satu-satu dikenalkan ke depan, ini batik apa. Meskipun tadi sudah tapi tadi terlalu cepat, jadi diulang lagi. Kenalkan lagi ini batik apa namanya," pintanya.

Lalu para penari menyebutkan satu persatu nama batik tersebut. Yakni Batik Sidoluhur, Sidomukti, Parang Klitik, Sido Mulyo, Parang Barong, Tambal Pamiluto, dan Parang Kusumo. Untuk lebih mengetahui arti dan filosofinya, Jokowi minta agar hadirin menanyakan ke Ketua Yayasan Batik Indonesia (YBI) Yultin Ginanjar Kartasasmita atau ke pemilik Batik Danarhadi, Diana Kusuma Dewati Santosa.

"Sampun, sudah semua? Sembilan penari nanti saya beri sepeda satu-satu. Tapi saya nggak bawa sepedanya. Pokoknya nanti tahu-tahu sepedanya sampai di rumah," ucapnya.

Dalam acara yang dihelat Yayasan Batik Indonesia itu, Jokowi juga menyerahkan penghargaan kepada tokoh-tokoh yang telah berjasa dalam pengembangan batik di Tanah Air.

[lia]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini