Instruksi Gubernur Anies kepada anak buah saat Jakarta diterjang banjir

Senin, 5 Februari 2018 21:09 Reporter : Syifa Hanifah
Instruksi Gubernur Anies kepada anak buah saat Jakarta diterjang banjir Anies tinjau pintu air Manggarai. ©2018 Merdeka.com/Syifa Hanifah

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memberi instruksi khusus kepada seluruh anak buahnya untuk siap, tanggap dan galang menghadapi bencana banjir. Khusus untuk pimpinan dan jajaran SKPD diharapkan siapkan langkah-langkah taktis dan cepat.

Kepada seluruh wali kota, dia menginstruksikan untuk terus koordinasikan seluruh pasukan kerja, kerahkan petugas ke lapangan di wilayahnya masing-masing.

"Pastikan semua posko dalam posisi siap dan bisa menampung semua warga yang berpotensi terdampak bencana," kata Anies melalui keterangan tertulis, Senin (5/2).

Untuk BPBD diinstruksikan untuk koordinasikan antisipasi dan penanggulangan banjir. Pastikan informasi tersampaikan ke seluruh bagian terkait, juga kepada publik yang membutuhkan. Utamanya seluruh warga di daerah aliran sungai Ciliwung.

Kepada Dinas Sumber Daya Air (SDA), diminta pasukan biru bersiap di titik rawan banjir dan memastikan tidak ada sumbatan di tali air. Pastikan pompa-pompa berjalan baik.

Khusus Dinas Sosial mengantisipasi warga yang terdampak banjir kiriman. Kebutuhan sandang dan pangan agar dipersiapkan ketika warga harus mengungsi. Siapkan respon cepat jika ada pengungsian.

Sedangkan Dinas Lingkungan Hidup, mengantisipasi penumpukan sampah di pintu air. Bersihkan secara cepat dan tuntas. Persiapkan kebutuhan toilet mobile untuk di lokasi pengungsi.

Dinas Pemadam Kebakaran, Tanggap lakukan evakuasi pengungsi jika dibutuhkan. Bantu pompa mobile bila diperlukan. Dinas Perhubungan, antisipasi dan bantu atur lalu lintas petang nanti jika terjadi macet akibat genangan di berbagai titik. Tempatkan petugas tambahan di lapangan, utamanya di daerah rawan genangan.

Dinas Bina Marga, Anies meminta dan memastikan pastikan semua dan setiap pompa underpass bekerja baik. Semua petugas dalam posisi siap bertindak.

Satpol PP, Bantu jaga setiap rumah pompa. Bantu warga yg membutuhkan di lokasi rawan banjir. Dinas Kesehatan, Pastikan tenaga medis siaga bergerak dan membantu di daerah rawan banjir dan potensi pengungsian.

Untuk Lurah disuruh Jakarta, pastikan pasukan oranye harus dalam posisi siap untuk bantu mengatasi banjir kiriman. Perbantukan pasukan ke daerah sekitar yg terdampak sesudah memastikan daerah sendiri aman. Dinas Kominfotik, pastikan selalu update data terbaru di seluruh kanal informasi. Data dari Kominfo harus akurat dan harus paling cepat dikeluarkan untuk diketahui publik.

Untuk itu dia berpesan kepada seluruh jajaran SKPD bantu pantau dan pastikan informasi sampai pada SKPD yang terlibat langsung dalam mengantisipasi limpahan air dari hulu dan meminta instruksi ini dijalankan.

"Laksanakan instruksi ini dengan cepat dan galang seluruh kekuatan untuk mengamankan warga dan ibu kota," kata Anies. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini