Fasilitasi Balap Liar, Polda Metro Petakan Kemayoran, Ancol hingga BSD jadi Sirkuit

Jumat, 17 Desember 2021 17:19 Reporter : Bachtiarudin Alam
Fasilitasi Balap Liar, Polda Metro Petakan Kemayoran, Ancol hingga BSD jadi Sirkuit Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. ©2021 Merdeka.com/Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Keinginan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran memfasilitasi para pebalap liar untuk menggelar balapan resmi bakal segera terwujud. Dikabarkan acara itu bakal digelar pada awal tahun depan.

"Rencananya lomba ini akan kita gelar di bulan Januari 2022," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Jumat (17/12).

Dengan sisa waktu yang ada, Sambodo mengatakan pihak Polda Metro Jaya saat ini telah mulai menyusun persiapan awal dengan melangsungkan Focus Group Discussion (FGD) guna menentukan timeline dan skema dari balapan tersebut.

"Mulai dari minggu depan ini kita mulai sudah masuk timeline untuk kemudian kita laksanakan balapan resmi tersebut," kata Sambodo.

Bahkan, rencananya balapan ini tidak hanya dilakukan sekali. Kata Sambodo, rencananya gelaran ini akan menjadi agenda rutin yang langsung diselengarakan Polda Metro Jaya. Hal itu agar tidak ada lagi aksi balapan liar yang membahayakan.

"Jadi rencananya ini akan berkelanjutan, mungkin racenya per tiga bulan sekali, nanti di akhir tahun di race keempat itu adalah final," kata Sambodo

"Tidak menutup kemungkinan juga nanti di situ bisa dicetuskan bahwa ada satu tempat yang memang disediakan untuk digunakan setiap malam minggu untuk balapan di situ setiap malam minggu secara resmi," sambungnya.

Adapun sejauh ini, polisi sudah mengantongi beberapa lokasi yang kemungkinan dijadikan tempat untuk sirkuit balapan. Lokasi itu mulai dari kawasan Jakarta hingga Tangerang.

"Ada di salah satunya Kemayoran, Ancol, di BSD kemudian PIK 2, ada beberapa lokasi," ujar Sambodo.

Tapi, untuk menentukan lokasi yang akan dipilih untuk menjadi sirkuit guna memfasilitasi balap liar, mesti melalui proses penggodokan dengan beberapa instansi terkait.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil minggu ini berencana bertemu dengan para komunitas balap liar di Gedung Mapolda Metro Jaya, dengan menggelar diskusi dan memberikan fasilitas terhadap pembalap liar.

"Minggu ini saya akan mengadakan diskusi santai bersama pihak eksternal terkait dengan rencana Polda Metro Jaya untuk memfasilitasi balap liar," ujar Fadil dalam akun Instagram yang dilihat merdeka.com, Selasa (14/12).

Dalam video, bintang dua ini ingin mengundang yang memiliki kemampuan balap. Bahkan ia juga akan mengundang mekanik dan juga pemilik usaha bengkel.

"Saya bersama rekan-rekan di Polda Metro Jaya ingin mengundang yang passionnya balapan atau suka nonton balap dari joki, mekanik, atau yang punya bengkel," katanya.

Ia menegaskan, undangan ini guna memfasilitasi para pembalap liar. Bahkan ia berharap agar terlahir pembalap yang profesional.

"Enggak usah khawatir santai saja ini bukan jebakan seperti yang beredar biar Kapolda punya datanya enggak. Saya ingin betul-betul memfasilitasi adik-adik saya supaya jiwanya bisa kita selamatkan dan kalau yang punya bakat bisa kita salurkan," jelasnya.

"Mudah-mudahan akan lahir pembalap MotoGP dari event kita ini dari Polda Metro Jaya. Mandalika kita sudah punya tinggal kita cari ridernya, gas pol," pungkasnya.

Reporter: Ady Anugrahadi [gil]

Baca juga:
Polda Metro akan Undang Komunitas Balap Liar Bahas Lokasi Sirkuit
Ingin Memfasilitasi, Kapolda Metro Undang Komunitas Balap Liar Pekan Ini
Polda Metro Serius Ingin Fasilitasi Balap Liar
Keroyok Anggota Polisi, Enam Pentolan Balap Liar Ditetapkan Tersangka

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini