Anies Soal Capres 2024: MasyaAllah Kerja di Jakarta Baru 2 Tahun

Senin, 11 November 2019 18:50 Reporter : Tri Yuniwati Lestari
Anies Soal Capres 2024: MasyaAllah Kerja di Jakarta Baru 2 Tahun Kongres Partai Nasdem. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan diberikan panggung untuk membuka Kongres II sekaligus peringatan HUT ke-8 Partai NasDem. Kedatangannya menguatkan sinyal dukungan untuk Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024.

Mengenai anggapan tersebut, Anies mengatakan, kebiasaan masyarakat Indonesia selalu mengait-ngaitkan kedatangannya dengan proses politik.

"Biasa-biasa saja, saya di Gubernur Jakarta kalau ada pembukaan-pembukaan kongres memang biasa diundang dan menyampaikan diperuntukkan sebagai tuan rumah. Jadi sesuatu yang formal cuma kita semuanya dikaitkan dengan proses politikal. Masih panjang sekali," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (11/11).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengungkapkan, pembicaraan soal pencalonan dirinya di tahun 2024 masih sangatlah panjang. Dia bahkan menyinggung soal pelantikan Presiden yang baru saja belum genap sebulan.

"Saya ini masyaAllah kerja di Jakarta baru 2 tahun, terus presiden baru dilantik belum satu bulan jadi rileks dulu aja saya sekarang tetap fokusnya di Jakarta," kata Anies.

Saat ini, Anies menegaskan, akan tetap fokus dalam membangun dan membenahi DKI Jakarta. Karena itu merupakan amanat dari masyarakat yang harus Ia selesaikan.

"Saat ini saya ngurusin Jakarta, tuntaskan semua amanat Jakarta, baru nanti kita menginginkan yang lain," tutupnya.

1 dari 3 halaman

NasDem Incar Empat Kepala Daerah

Partai NasDem mengincar empat kepala daerah untuk diusung sebagai calon presiden di Pemilu 2024. Mereka adalah Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo dan Khofifah Indar Parawansa.

Ketua DPP NasDem Zulfan Lindan menegaskan, Ketua Umum NasDem, Surya Paloh tak berkenan diusung sebagai Capres. Meskipun aspirasi tersebut datang dari sejumlah pengurus daerah dalam kongres II NasDem.

"Nggak mungkin lah, enggak mungkin (Surya Paloh Capres). Kita sangat mengetahui. Satu, dia tidak bersedia, kemudian kita melihat banyak generasi muda yang akan muncul. Gubernur-gubernur potensial ini, ada 4 gubernur, Jateng, Jatim, Jabar, DKI. Inilah yang harus kita usung orang-orang ini," kata Zulfan di Cikini, Minggu (10/11).

2 dari 3 halaman

NasDem Mau Bikin Konvensi

NasDem berencana bikin konvensi capres untuk menjaring capres paling kuat diusung di Pilpres 2024. Hal tersebut dirasa penting demi memenangkan pertarungan lima tahun yang akan datang.

Namun dia menegaskan, konvensi ini bukan untuk internal kader NasDem. Tapi untuk semua calon presiden potensial. Termasuk empat gubernur yang tengah jadi incaran partai pimpinan Paloh tersebut.

"Pasti kita akan bikin konvensi nanti. Kita bikin konvensi, kita undang. Kalau mereka punya elektabilitas, popularitas semua kapabilitas, kemudian diputuskan oleh kader-kader NasDem lewat DPD, DPW ini, kemudian siapa yang layak, itu yang kita calonkan," tambah Zulfan.

"Kita melihat kan Sekarang yang namanya Anies, Ganjar, Khofifah, dan Si ini (Ridwan Kamil) kan sama ini. 4 Gubernur Jawa ini kan bagus-bagus semua ini, ya tentulah kita akan bikin konvensi," tambah dia.

3 dari 3 halaman

Capres Belum Tentu Kader

Apabila NasDem sudah punya calon untuk diusung sebagai presiden, maka nantinya baru bicara soal koalisi. Oleh sebab itu, saat ini masih terlalu dini untuk bicara koalisi parpol di Pilpres 2024.

Soal Capres tak dari kader NasDem, Zulfan tak bisa memastikan. Sebab, bisa saja empat gubernur tersebut pindah partai ke NasDem suatu hari nanti. Dia memastikan yang paling pasti, NasDem tengah mengincar empat gubernur tersebut.

"Empat gubernur. Itu paling tepat. NasDem mengincar empat gubernur untuk menjadi capres nanti," tutup dia. [fik]

Baca juga:
Para Kepala Daerah Ini Diprediksi Bersinar di Pilpres 2024
NasDem Bidik Ganjar Jadi Salah Satu Kandidat Capres 2024, Ini Kata FX Hadi
Disebut Sebagai Restoran Politik, NasDem Nilai Rio Capella Enggak Jelas
Megawati dan Prabowo Diagendakan Hadiri Penutupan Kongres NasDem
Puncak Kongres Partai NasDem Ditutup Tasyakuran, Undang Megawati Hingga JK
Megawati, Wapres Ma'ruf Amin Hingga AHY Hadiri Ulang Tahun ke-8 NasDem

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini