Air Kali Ciliwung meluap, lalu lintas arah Kampung Melayu menuju Matraman lumpuh

Senin, 5 Februari 2018 22:10 Reporter : Ahda Bayhaqi
Air Kali Ciliwung meluap, lalu lintas arah Kampung Melayu menuju Matraman lumpuh Banjir di jalan Kampung Melayu menuju Matraman. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Akses kendaraan dari arah Kampung Melayu menuju Matraman, Senin (5/2) malam, lumpuh total. Arus lalu lintas menuju arah tersebut terputus setelah air dari Kali Ciliwung yang persis berada di samping jalan meluap.

Pantauan merdeka.com, sementara jalur dari arah sebelahnya masih lancar. Sejumlah pemotor dan pengendara mobil dari arah Kampung Melayu menuju Matraman, terlihat mengambil jalur kanan atau melawan arus. Akibatnya lalu lintas tersendat tak terhindarkan.

Air yang merendam jalan itu sebetis orang dewasa. Bahkan, kemacetan mulai terlihat dari jembatan layang sebelum ke Polres Jakarta Timur ke arah Jatinegara. Sejumlah kendaraan di lokasi terlihat terjebak banjir.

banjir di kampung melayu matraman

Sebelumnya, hujan mengguyur Kota dan Kabupaten Bogor sejak pagi membuat kondisi Bendung Katulampa, Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat, statusnya naik menjadi siaga 1. Ketinggian volume air mencapai 240 sentimeter.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto melakukan pemantauan langsung ke Bendung Katulampa. Selain meminta petugas bersiaga, Bima Arya juga langsung menghubungi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mewaspadai volume air yang akan tiba di ibu kota pada pukul 21.00 WIB.

"Jadi pagi ini sudah siaga satu 240 cm, sempat turun sedikit. Batas siaga satu kan 220 cm. Pertama kami berkoordinasi untuk mengantisipasi adanya luapan air di sepanjang titik-titik yang dilalui aliran sungai. Kita koordinasi, kita akan pantau. Saya dengan Kapolres dan BPBD akan patroli ke titik-titik tersebut," ungkap Bima Arya.

Bima juga mengimbau kepada warga Jakarta dan sekitarnya untuk bersiaga dan mewaspadai aliran air yang akan tiba dari Bogor ke Jakarta dalam waktu 9 jam.

"Kami mengimbau juga kepada warga Jakarta untuk mewaspadai karena diperkirakan dalam waktu 9 jam atau jam 9 malam nanti volume air ini akan tiba di Jakarta. Saya sudah komunikasi dengan Pak Gubernur dan melaporkan perkembangan di sini agar bisa mengantisipasi," jelasnya.

Saat ini, lanjut Bima, sudah ada laporan titik genangan air di 13 wilayah di Kota Bogor. "BPBD siap, Tagana siap, logistik disiapkan, posko-posko disiagakan. Saya juga sudah berkoordinasi dengan Kapolresta Bogor untuk mengantisipasi arus lalu lintas karena ada jalur yang ditutup dan dialihkan akibat luapan air, seperti di kawasan Jambu Dua, Bogor Utara," pungkasnya. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini