Penyebab Sariawan di Lidah yang Wajib Diketahui, Berikut Cara Mengatasinya

Jumat, 14 Januari 2022 13:25 Reporter : Novi Fuji Astuti
Penyebab Sariawan di Lidah yang Wajib Diketahui, Berikut Cara Mengatasinya Ilustrasi Sariawan. ©Adobe Stock

Merdeka.com - Penyebab sariawan di lidah bisa dipengaruhi oleh beberapa hal. Penyebab sariawan di lidah perlu diketahui sebagai langkah antisipiasi sariawan di lidah.

Sariawan di lidah tentu saja memunculkan rasa tidak nyaman dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari terlebih saat makan. Sayangnya masih banyak orang yang menyepelekan sariawan di lidah.

Tak banyak yang tahu, sariawan rupanya bisa mengganggu mukosa mulut yang dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Maka dari itu,penyebab sariawan di lidah ini perlu dikenali. Sebagai upaya penting untuk mencegah sariawan di lidah datang kembali.

Berikut ini informasi lengkap mengenai penyebab sariawan di lidah, dan cara mengatasinya telah dirangkum merdeka.com melalui healthline.com dan berbagai sumber lainnya pada Jumat, (14/01/2022).

2 dari 3 halaman

Penyebab Sariawan di Lidah

Sariawan merupakan kondisi medis yang dapat terjadi di mulut dan cukup menyakitkan. Area mulut yang akan terserang sariawan biasanya pada bibir, dalam pipi, lidah, dan permukaan gusi.

Kondisi ini kerap muncul dalam bentuk luka di permukaan kulit di dalam rongga mulut gusi. Ukuran sariawan bisa besar atau kecil dan umumnya memiliki warna keputihan atau agak merah. Begitu juga, saat mengalami sariawan di lidah. 

Berikut ini penyebab sariawan di lidah yang perlu diketahui sebagai antisipasi. 


1. Mulut Kering
Penyebab sariawan di lidah yang pertama adalah mulut kering. Dalam hal ini air liur amat sangat berperan penting untuk menjaga kelembapan mulut. Jika mulut kamu kering, maka otomatis kuman dan bakteri penyebab infeksi di mulut akan lebih mudah tumbuh dan berkembang biak semakin banyak.

Pertumbuhan bakteri yang tidak terkendali ini yang dapat membuat kamu lebih mudah mengalami infeksi di mulut dan menjadi salah satu penyebab sariawan di lidah.

2. Mengonsumsi Makanan Pedas, Asam hingga Panas
Penyebab sariawan di lidah selanjutnya adalah karena terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas, asam hingga panas. Di mana makanan tersebut dapat menyebabkan iritasi di lidah dan jaringan lunak mulut yang dapat memicu munculnya sariawan. Makanan tersebut juga dapat memperparah kondisi sariawan di lidah.

Sementara buah asam seperti jeruk, nanas, dan lemon tidak secara langsung memicu munculnya sariawan. Akan tetapi, masalah sariawan muncul ketika buah asam mulai menekan jaringan mulut yang terluka.

3. Lidah Tergigit
Bisa jadi kamu salah satu orang yang mengalami lidah yang tak sengaja tergigit ketika sedang asyik mengunyah makanan. Selain membuat nyeri dan perih, hal ini juga bisa memicu sariawan muncul. Untungnya, sariawan karena lidah tergigit biasanya dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari.

4. Alergi Makanan
Penyebab sariawan di lidah lainnya adalah bisa karena alergi makanan tertentu, seperti halnya cokelat, makanan pedas, kopi, kacang-kacangan, telur, sereal, almond, stroberi, keju, dan tomat.

5. Kurang Vitamin dan Mineral
Kurang vitamin dan mineral juga termasuk penyebab sariawan di lidah. Tidak hanya kekurangan vitamin C tetapi juga vitamin B12 dan zat besi. Sariawan juga bisa sering muncul karena kekurangan asam folat, seng, dan kalsium. Hal ini membuat memenuhi kebutuhan asupan vitamin dan mineral penting dilakukan.

Ada beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini. Vitamin B12 bisa didapat dari ikan, daging, telur, hingga produk olahan susu. Zat besi bisa didapat dari hati, kacang-kacangan, bayam, tahu, dan kentang.

6. Menyikat Gigi Terlalu Keras
Penyebab sariawan di lidah yang satu ini pasti pernah dialami dilakukan banyak orang yakni menyikat gigi terlalu keras. Alih-alih membuat gigi jadi lebih bersih, menyikat gigi dan lidah terlalu keras malah bisa menimbulkan iritasi dan menyebabkan sariawan. Bahkan, benturan keras yang mengenai bagian mulut juga bisa menyebabkan hal serupa.

Maka dari itu, ada baiknya kamu membersihkan mulut secara perlahan dan mencari tahu bagaimana cara sikat gigi yang benar.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Sariawan di Lidah

Tidak hanya menghindari penyebab sariawan di lidah, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa bahan alami yang ada di sekitarmu sebagai obat sariawan.
Berikut ini cara mengatasi sariawan di lidah secara alami yaitu:

1. Kantong Teh
Kantong teh mengandung asam tanin yang memiliki sifat anti virus yang bisa menyembuhkan sariawan di lidah dengan cepat. Kantong teh juga bersifat basa yang dapat menetralisir lingkungan mulut yang asam.

Tujuannya agar tidak memperburuk rasa sakit sariawan tersebut. Kamu cukup menggunakan kantong teh bekas. Tempelkan kantong teh tersebut pada luka sariawan kalian sekitar lima menit.

2. Madu
Madu juga merupakan salah satu obat sariawan yang manjur. Bahkan madu merupakan cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih. Madu memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses pemulihan.

Selain itu, madu dapat mempertahankan kelembapan bibir. Cara menggunakan madu sangat mudah, kalian cukup mengoleskannya pada bagian yang terdapat sariawan. Lakukan hal ini secara rutin agar sariawan cepat sembuh.

3. Plain Yogurt
Meminum yogurt dapat mencegah dan mempercepat penyembuhan sariawan di lidah karena minuman ini dapat membantu keseimbangan bakteri di mulut. Kamu bisa mengonsumsinya secara rutin atau meneteskan yogurt di area luka.

4. Kelapa
Kelapa juga mampu menyejukkan suhu tubuh yang pada beberapa kasus menjadi penyebab timbulnya sariawan. Cara memperoleh manfaatnya sangat mudah kamu hanya perlu berkumur dengan air kelapa atau meminumnya. Untuk menggunakan minyak kelapa, kamu juga bisa berkumur atau cukup dioleskan saja. Sedangkan santannya, bisa dicampur dengan madu, lalu oleskan ke sariawan. Lakukan hal tersebut secara rutin, kira-kira 3-4 kali sehari.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini