Penyebab Anak Sering Menangis dan Mengamuk, Bunda Wajib Tahu Cara Mengatasinya

Rabu, 16 Juni 2021 11:45 Reporter : Andre Kurniawan
Penyebab Anak Sering Menangis dan Mengamuk, Bunda Wajib Tahu Cara Mengatasinya Ilustrasi Anak Tantrum. ©Parents.com

Merdeka.com - Bagi pasangan suami istri, mengasuh anak menjadi pengalaman baru yang dinanti-nantikan. Meskipun mengasuh anak bukan hal yang mudah dilakukan, namun itulah yang nantinya menjadi kenangan dalam proses perkembangan sang buah hati.

Salah satu tantangan yang harus dilalui oleh orang tua dalam mengasuh anak adalah ketika buah hati mereka mulai menangis dan mengamuk. Perilaku anak sering menangis dan mengamuk ini tentu sudah biasa kita temui. Tapi, perilaku ini terkadang membuat orang tua kesulitan dalam menghadapinya.

Perilaku anak yang menangis dan mengamuk disebut juga sebagai tantrum. Perilaku ini umum terjadi pada anak dan menjadi bagian dari proses perkembangan si anak. Tantrum sendiri adalah luapan emosi dari anak yang ditunjukkan dengan cara menangis atau bahkan disertai dengan aktivitas motorik, seperti membanting barang, berguling di lantai, atau memukul.

Selain menjadi bentuk komunikasi seorang anak atas rasa kesalnya, perilaku tantrum juga bisa menjadi cara si anak dalam melakukan observasi. Misalnya, ketika anak mengamuk untuk mendapatkan sesuatu, dan Anda menuruti keinginannya, Ia akan mengulangi cara tersebut di kemudian hari. Ini tentu akan menjadi kebiasaan buruk bagi si anak. Kesabaran dan ketenangan adalah kunci utama dalam menghadapi perilaku ini.

Kali ini kami akan menyampaikan apa saja yang menyebabkan perilaku anak sering menangis dan mengamuk beserta cara mengatasinya.

Baca Selanjutnya: Penyebab Tantrum...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini