Mengenal Proses Rekrutmen Karyawan, Berikut Definisi dan Tujuannya

Kamis, 1 April 2021 09:45 Reporter : Novi Fuji Astuti
Mengenal Proses Rekrutmen Karyawan, Berikut Definisi dan Tujuannya Ilustrasi wawancara kerja. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Creativa

Merdeka.com - Setiap perusahaan baik itu yang bergerak dalam bidang manufaktur maupun jasa dalam melaksanakan aktivitas usahanya sehari-hari, pada dasarnya memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Salah satu hal utama yang menentukan keberhasilan penjualan adalah proses rekrutmen tenaga kerja. Tak lain karena tenaga kerja merupakan sumber daya yang paling penting dalam perusahaan. Tenaga kerja yang baik akan dapat diperoleh melalui upaya rekrutmen yang baik.

Dalam pasal 1 ayat 2 Undang-undang No.13 Tahun 2003 tentang ketenaga kerjaan disebutkan bahwa tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat.

Sedangkan dalam hal ini, rekrutmen tidak hanya menarik minat seseorang untuk bekerja pada perusahaan tersebut, melainkan juga memperbesar kemungkinan untuk mempertahankan mereka setelah bekerja. Jadi rekrutmen adalah serangkaian kegiatan yang digunakan untuk mendapatkan pool pelamar kerja yang memenuhi syarat.

Berikut ini informasi lengkap mengenai proses rekrutmen karyawan, lengkap dengan definisi dan tujuannya telah dirangkum melalui etheses.uin-malang.ac.id dan repository.uin-suska.ac.id:

2 dari 4 halaman

Definisi Rekrutmen Menurut Para Ahli

1. Simamora (2005)

Mendefinisikan proses rekrutmen sebagai serangkaian aktivitas untuk mencari dan memikat pelamar kerja dengan motivasi, kemampuan, keahlian, dan pengetahuan yang diperlukan guna menutupi kekurangan yang diidentifikasi dalam perencanaan kepegawaian. Hasil rekrutmen adalah sekumpulan pelamar kerja yang kemudian akan diseleksi menjadi karyawan-karyawan baru di perusahaan. 

2. Hasibuan (2007)

Rekrutmen merupakan usaha mencari dan memengaruhi calon tenaga kerja agar mau melamar lowongan pekerjaan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan.

3. Nurmansyah (2011)

Rekrutmen adalah kegiatan untuk mendapatkan tenaga kerja baru untuk mengisi lowongan-lowongan jabatan yang ada pada unit-unit dalam perusahaan.

3 dari 4 halaman

Proses Rekrutmen

kerja© glassdoor

Jadi rekrutmen adalah serangkaian kegiatan yang digunakan untuk mendapatkan pool pelamar pekerja yang memenuhi syarat. Berikut ini adalah proses rekrutmen karyawan sebagai berikut:

  1. Menentukan kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang perusahaan dalam hal jenis pekerjaan (Job Title) dan levelnya dalam perusahaan.
  2. Terus berupaya mendapatkan informasi mengenai perkembangan kondisi pasar tenaga kerja.
  3. Menyusun bahan-bahan rekrutmen yang efektif.
  4. Menyusun program rekrutmen yang sitematis dan terpadu yang berhubungan dengan kegiatan sumber daya manusia lain dan dengan kerja sama dengan manajer lini dan karyawan.
  5. Mendapatkan calon karyawan yang berbobot atau memenuhi syarat.
  6. Melakukan tindak lanjut terhadap calon karyawan baik yang diterima maupun yang ditolak, guna mengevaluasi efektif tidaknya rekrutmen yang dilakukan.
4 dari 4 halaman

Tujuan Rekrutmen

Selain untuk mengisi kekosongan dalam perusahaan atau instansi, proses rekrutmen karyawan baru merupakan upaya untuk memajukan suatu perusahaan dengan memunculkan ide-ide baru serta menjaga nama baik. Sehingga perusahaan lebih dikenal baik oleh masyarakat sekitar.

Pokok dari suksesnya sebuah instansi selain dari segi finansial juga dari tenaga kerja yang unggul dan efektif. Dari sinilah perekrutan dan penyeleksian karyawan baru sangat di butuhkan guna untuk mendapatkan karyawan yang unggul dan berpotensi tinggi serta dapat memberi manfaat pada suatu perusahaan.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini