Doa Menenangkan Hati dan Pikiran, Berikut Arti dan Keutamaannya

Rabu, 25 Mei 2022 15:29 Reporter : Novi Fuji Astuti
Doa Menenangkan Hati dan Pikiran, Berikut Arti dan Keutamaannya ilustrasi berdoa. © pexels.com/Anastasia Shuraeva

Merdeka.com - Ketenangan dalam Islam dapat diartikan sebagai perasaan rileks karena keimanan, adanya penerimaan diri yang baik selalu berusaha mencari cara untuk mencapai dan mengaktualisasi hidup, jauh dari rasa cemas dan jauh dari rasa khawatir.

Sayangnya, bagi sebagian besar orang ketenangan merupakan sesuatu yang sulit didapatkan. Mengingat dalam kehidupannya manusia kerap menghadapi masalah yang kemunculan masalah tersebut memicu keresahan, kegelisahan, stres atau bahkan penyakit lainnya. Salah satu upaya yang penting dilakukan setiap orang manakala menghadapi suatu masalah adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui doa-doa yang diucapkan.

Setidaknya doa tersebut akan membuat perasaanmu lebih tenang, sehingga kamu bisa berpikir jernih untuk menghadapi setiap masalahmu dalam hidup. Berikut ini informasi mengenai doa menenangkan hati dan pikiran, lengkap dengan arti dan keutamaannya telah dirangkum dari NU Online dan berbagai sumber lainnya:

2 dari 3 halaman

Doa Menangkan Hati dan Pikiran

أعُوذُ بِكَلِماتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقابِهِ وَشَرِّ عِبَادِهِ، وَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّياطِينِ وأنْ يَحْضُرُونِ‏

A‘ūdzu bi kalimātillāhit tāmmāti min ghadhabihī, wa ‘iqābihī, wa syarri ‘ibādihī, wa min hamazātis syayāthīni wa an yahdhurūn.

Artinya, “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, keburukan hamba-Nya, gangguan setan, dan setan yang hadir.”

ilustrasi berdoa
© pexels.com/Timur Weber

Keutamaan Doa Menenangkan Hati dan Pikiran

Pada hakikatnya, doa menenangkan hati merupakan upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui cara yang benar dan sesuai dengan petunjuk Nabi.

Sebagai konsekuensinya, orang yang berdoa akan merasakan akhlaknya semakin bernilai serta akan tercapai perasaan tenang, sebagaimana yang dirasakan oleh Rasulullah SAW, seketika pulang daari Tha'if dalam keadaan terluka, akibat dari perlakuan penduduk Tha'if. Dengan berdoa, hati beliau menjadi sejuk dan damai.

Maka dari itu, keutamaan dari doa selain mendekatkan diri kepada Allah SWT juga memohon perlindungan dan kemudahan dalam menjalani kehidupan. Bacalah doa menenangkan hati terlebih saat hati merasa gundah.

3 dari 3 halaman

Adab Berdoa yang Baik dan Benar

Doa menenangkan hati bisa dipraktikkan sehari-hari. Setiap dari kita yang berdoa kepada Allah SWT tentu ingin doanya terkabul. Maka dari itu, kita perlu menjaga adab-adab atau sejenis tata cara dalam berdoa.

Adapun secara garis besar adab berdoa yang baik agar terkabul adalah sebagai berikut:

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini