Contoh Perubahan Cuaca beserta Penjelasannya, Ketahui Perbedaannya dengan Iklim

Selasa, 13 Juli 2021 18:30 Reporter : Andre Kurniawan
Contoh Perubahan Cuaca beserta Penjelasannya, Ketahui Perbedaannya dengan Iklim Ilustrasi cuaca panas. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Pakhnyushcha

Merdeka.com - Cuaca adalah keadaan atmosfer di tempat tertentu selama periode waktu yang singkat. Cuaca melibatkan fenomena atmosfer seperti suhu, kelembapan, curah hujan, tekanan udara, angin, dan tutupan awan.

Cuaca adalah apa yang dilihat di luar rumah pada hari tertentu. Misalnya Anda melihat suhu saat ini berkisar 24 derajat celcius dengan hujan, atau 30 derajat celcius yang berawan. Itulah yang disebut cuaca, dan dapat berubah dalam waktu singkat.

Cuaca memengaruhi kehidupan kita dalam banyak hal. Perubahan cuaca dari hari ke hari dapat memengaruhi perasaan dan aktivitas kita. Cuaca buruk, seperti tornado, angin topan, dan badai salju, dapat mengganggu kehidupan banyak orang karena kerusakan yang ditimbulkannya.

Cuaca tidak hanya tinggal di satu tempat. Ia bergerak, dan berubah dari waktu ke waktu. Selama bertahun-tahun, kondisi tertentu menjadi cuaca yang akrab di suatu daerah. Cuaca rata-rata di wilayah tertentu, serta variasi dan ekstremnya selama bertahun-tahun, disebut dengan iklim.

Dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan lebih lanjut mengenai cuaca dan contoh perubahan cuaca, beserta perbedaannya dengan iklim.

2 dari 4 halaman

Contoh Perubahan Cuaca

Istilah "cuaca" mengacu pada kondisi sementara di atmosfer, lapisan udara yang mengelilingi Bumi. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca diartikan sebagai kondisi atmosfer yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu. Sedangkan menurut NASA, cuaca adalah cara atmosfer berperilaku, terutama yang berkaitan dengan pengaruhnya terhadap kehidupan dan aktivitas manusia.

Cuaca cenderung berubah-ubah. Perubahan cuaca merupakan efek dari perubahan iklim yang terjadi karena perubahan lingkungan. Contoh perubahan cuaca tidak hanya memengaruhi keadaan alam, tapi juga kondisi tubuh manusia.

ilustrasi cuaca dan iklim
altair.com

Contoh perubahan cuaca dapat kita lihat dari lingkungan sehari-hari. Contoh perubahan cuaca misalnya,

  • cuaca panas, yang ditandai dengan matahari bersinar dan udara yang terasa panas.
  • cuaca berawan, yang biasanya terasa lebih sejuk
  • cuaca mendung, yang membuat langit tampak kelabu dan menjadi pertanda turunnya hujan. Pada contoh perubahan cuaca yang mendung ini, biasanya udara akan terasa panas sebelum hujan.
  • cuaca hujan, di mana titik-titik air mulai turun

Bagi manusia, contoh perubahan cuaca yang telah disebutkan tadi, dapat memengaruhi kondisi tubuh. Contoh perubahan cuaca dapat mengakibatkan tubuh menjadi rentan terhadap penyakit, seperti flu, diare, atau sesak napas. Cuaca dingin juga akan berdampak pada kulit yang menjadi kering, badan pegal, atau nyeri sendi. Sedangkan cuaca panas dapat membuat tubuh menjadi dehidrasi, pusing, dan jantung berdetak cepat.

3 dari 4 halaman

Perbedaan Cuaca dan Iklim

ilustrasi awan
zmescience.com

Meski sudah sering mendengar kedua istilah ini, namun masih banyak orang yang bingung dengan perbedaan cuaca dan iklim.

Dilansir dari laman ncei.noaa.gov, cuaca secara khusus adalah campuran peristiwa yang terjadi di atmosfer kita setiap hari. Meski bumi hanya memiliki satu atmosfer, bukan berarti cuaca di seluruh dunia sama. Cuaca akan berbeda di berbagai belahan dunia mengalami perubahan sepanjang waktu, dalam hitungan menit, jam, hari, dan minggu.

Jika cuaca adalah perubahan jangka pendek pada atmosfer, maka iklim menggambarkan seperti apa perubahan cuaca dalam periode waktu yang lama di area tertentu. Daerah yang berbeda dapat memiliki iklim yang berbeda pula. Untuk menggambarkan iklim di suatu tempat, kita dapat mengatakan seperti berapa suhu selama musim yang berbeda, seberapa berangin daerah tersebut biasanya, atau seberapa banyak hujan atau salju yang biasanya turun.

Ketika para ilmuwan berbicara tentang iklim, mereka sering melihat rata-rata curah hujan, suhu, kelembapan, sinar matahari, angin, dan ukuran cuaca lainnya yang terjadi dalam jangka waktu lama di tempat tertentu. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin melihat rata-rata ini dalam jangka waktu 30 tahun.

4 dari 4 halaman

Unsur-unsur Cuaca

  • Suhu. Sederhananya, suhu adalah ukuran seberapa panas atau dingin atmosfer pada saat tertentu. Ini adalah salah satu kondisi cuaca paling jelas yang dapat langsung diperhatikan dan dipahami oleh banyak orang.
  • Curah Hujan. Curah hujan menjadi kondisi perubahan cuaca yang paling sering disampaikan bersama suhu. Informasi dari curah hujan akan memberi tahu kemungkinan turunnya hujan di suatu tempat.
  • Kondisi Langit. Kondisi langit, atau tutupan awan, memberi tahu seberapa cerah atau berawan langit sepanjang hari. Ini karena awan dapat memengaruhi suhu udara. Awan menentukan berapa banyak energi matahari yang mencapai permukaan bumi dan menentukan seberapa banyak panas yang diserap.
  • Kelembapan. Kelembapan relatif adalah variabel cuaca yang membantu memberitahu seberapa besar kemungkinan curah hujan, embun, atau kabut akan terjadi.
  • Angin. Pengukuran angin selalu mencakup kecepatan dan arah angin bertiup. Terkadang ramalan cuaca tidak menyebutkan kecepatan angin secara langsung, tetapi akan menggunakan kata-kata deskriptif, seperti tenang, semilir, berangin,dan kuat.
  • Tekanan Udara. Mengetahui tekanan udara adalah cara mudah untuk menilai apakah cuaca sedang tenang atau badai sedang datang.
  • Titik Embun (Dewpoint)
[ank]
{paging_intro} {paging_nav}
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini