Arti Kata Caption dalam Bahasa Indonesia, Berikut Penjelasannya

Rabu, 29 Juni 2022 14:25 Reporter : Andre Kurniawan
Arti Kata Caption dalam Bahasa Indonesia, Berikut Penjelasannya Ilustrasi Instagram Stories. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Jika Anda banyak menghabiskan waktu dengan menggulir media sosial, Anda akan melihat berbagai macam postingan berupa foto atau video. Biasanya, ada rangkaian kata-kata yang menyertai unggahan tersebut. Tulisan itu disebut sebagai caption.

Tulisan caption berguna untuk melengkapi foto atau video yang diposting. Isinya bisa berupa penjelasan atau gambaran tentang foto dan video yang diunggah. Bagi yang menjalankan bisnis melalui media sosial, penulisan caption sangat penting untuk memberi penjelasan tentang produk yang ditawarkan.

Anda mungkin sudah familiar dengan caption yang sering terlihat di media sosial. Tapi, tahukah Anda arti kata caption? Arti kata caption adalah teks singkat untuk melengkapi gambar, foto, atau poster.

Dalam artikel kali ini, kami akan jelaskan lebih lanjut arti kata caption yang dilansir dari beberapa sumber.

2 dari 4 halaman

Arti Kata Caption

Saat ini kita mengenal arti kata caption sebagai kalimat pendek yang ditempatkan di bawah/ di samping gambar dari suatu unggahan di media sosial.

Dilansir dari dictionary.com, arti kata caption adalah kalimat untuk menjelaskan suatu gambar atau ilustrasi, seperti yang ada di majalah, koran, buku, atau saat ini di media sosial.

Kemudian Cambridge Dictionary menjelaskan arti kata caption sebagai teks pendek yang ada di bawah gambar dalam buku, majalah, atau surat kabar yang menggambarkan gambar atau menjelaskan apa yang dilakukan atau dikatakan orang-orang di dalamnya.

Caption memang tak hanya ditemukan dalam lingkup media sosial saja. Majalah, buku, atau surat kabar juga memiliki caption yang berguna menjelaskan gambar tertentu atau menjelaskan apa yang terjadi dalam gambar.

Caption juga dapat merujuk pada kata-kata di bagian bawah layar film atau televisi yang pada dasarnya menerjemahkan dialog ke dalam bahasa lain.

Namun caption bukan sembarang tulisan. Jika Anda ingin membuat pembaca tertarik melihat konten Anda, maka dibutuhkan pemilihan kata yang tepat, menarik, tapi juga informatif agar makna dari gambar yang kita unggah bisa tersampaikan dengan baik. Terlebih jika Anda menjalankan bisnis melalui media sosial.

3 dari 4 halaman

4 Elemen untuk Caption Media Sosial yang Kuat

Dilansir dari bluleadz.com, ada 4 elemen yang akan membuat caption bisnis Anda menjadi semakin kuat:

Beri Konteks

Anda dapat memposting foto paling menarik atau yang paling bagus menurut Anda, tetapi jika tidak 100 persen jelas tentang apa itu, pada dasarnya Anda hanya akan membuat permainan tebak-tebakan untuk para follower Anda.

Caption yang bagus akan memberikan konteks yang tepat untuk menggambarkan atau menambah citra yang Anda publikasikan.

Tarik Perhatian

Jangan puas hanya dengan teks yang mendasar. Jika Anda ingin menarik pengikut Anda untuk terus datang kembali, beri mereka sesuatu yang untuk dibicarakan atau diingat nanti setelah unggahan Anda terlewati. Tarik perhatian mereka, dan mereka akan bertahan.

Fokus pada Keterbacaan

Meskipun emoji dan singkatan mungkin akan lebih efisien, teks yang baik tidak akan terlalu sering menggunakannya. Teks khusus berupa emoji hanya akan membuat bingung pengikut Anda.

Paksa Aksi

Orang yang menganggap caption atau teks tidak ada gunanya, maka dia keliru. Ketika semua elemen di atas adalah faktor besar dalam menciptakan caption media sosial yang kuat, memaksa prospek Anda untuk mengambil langkah berikutnya adalah salah satu cara terbaik untuk mengembangkan bisnis Anda.

Caption yang bagus akan diakhiri dengan semacam elemen konversi, entah hal itu untuk mendorong pengguna agar mengomentari postingan, membagikan postingan, atau memeriksa tautan di bio Anda.

4 dari 4 halaman

Tips Membuat Caption Instagram

Pahami Siapa Audiens Anda dan Apa yang Mereka Inginkan

Audiens Anda harus selalu menjadi yang pertama dalam bisnis Anda, begitu juga ketika berada di media sosial.

Sebelum menulis caption Anda, pertimbangkan siapa audiens yang Anda tarik dan siapa audiens yang ingin Anda tarik. Tergantung pada usia, jenis kelamin, demografi, dan lain sebagainya, Anda mungkin perlu menulis caption yang berbeda.

Buat Kalimat Ringan

Humor bisa membuat postingan Anda berkembang pesat di media sosial. Hal ini akan memesona para pembaca dan membuat mereka tersenyum, sehingga dapat menciptakan kesan positif dari merek Anda.

Bergantung pada industri Anda dan apa yang Anda posting, Anda dapat menggunakan humor, hiburan, dan bahkan emoji untuk menambahkan sedikit kesan ceria pada konten Anda.

Buat Tujuan untuk Menghibur

Di Instagram, Anda bisa membuat postingan yang menyenangkan dan menarik untuk menyoroti budaya perusahaan dan produk yang Anda buat/jual sekaligus menghibur pengikut Anda. Untuk menemani konten visual Anda yang menghibur, tulislah caption yang juga menghibur.

Gunakan Kata-kata yang Paling Penting

Rentang perhatian manusia semakin pendek, dan Anda dapat dengan mudah kehilangan perhatian pengguna dalam hitungan detik setelah mereka selesai dengan postingan Anda. Untuk memberi mereka informasi paling kontekstual dalam waktu yang singkat, gunakan kata-kata paling penting di awal teks Anda. Dengan cara itu, Anda bisa memikat konsumen untuk terus membaca dan terlibat dengan konten Anda sekaligus memberi mereka pemahaman tentang gambar/video Anda.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini