Selain Sambal Matah, Sambal Embe Khas Bali Tak Kalah Juara Lezatnya

Rabu, 18 Mei 2022 23:13 Reporter : Iwan Tantomi
Selain Sambal Matah, Sambal Embe Khas Bali Tak Kalah Juara Lezatnya ©Manis dan Sedap/Little Bali

Merdeka.com - Selama ini sambal matah dikenal sebagai sambal khas Bali. Saking terkenalnya, wisatawan pun banyak yang mengenalinya. Bahkan, kreasi sambal matah kini sudah diterapkan dalam berbagai sajian.

Bukan saja kuliner yang berasal dari Bali, tapi sambal matah juga kini dapat dijumpai dalam berbagai makanan modern atau kekinian. Di sisi lain, bicara soal sambal, rupanya Bali tak hanya punya sambal matah.

Bali rupanya punya ragam sambal khas lain yang tak kalah juara lezatnya. Sambal tersebut adalah sambal embe. Lantas, seberapa jauh mengenalnya?

Bahan-Bahan yang Digunakan

Dari segi bahan, sambal embe ini dibuat dari bawang merah, cabai rawit, cabai hijau, terasi matang, jeruk limau, garam dan minyak. Bahan-bahan tersebut diiris tipis-tipis, sebagaimana bahan-bahan pada sambal matah.

Teknik Pengolahan

manis sedap baru
©Manis dan Sedap/Little Bali

Meski bahan-bahan pada sambal embe sama-sama diiris tipis-tipis seperti sambal matah, bukan diulek layaknya sambal yang biasa dijumpai. Akan tetapi, teknik pengolahannya berbeda.

Pada sambal embe, bawang digoreng sampai setengah matang atau garing sesuai selera, kemudian ditambahkan irisan cabai rawit dan terasi, garam hingga dipungkasi dengan air jeruk limau. Sementara sambal matah hanya disiram minyak panas, bukan digoreng bahan-bahannya.

Bisa Dijumpai di Jakarta

manis sedap baru
©Manis dan Sedap/Little Bali

Menariknya, kelezatan sambal embe khas Bali ini bisa dijumpai di Jakarta. Tepatnya dihadirkan oleh pelapak kuliner bernama Little Bali. Racikan bawang yang digoreng perlahan dipadukan dengan terasi premium dan minyak kelapa khas Bali.

Hal tersebut yang bikin kreasi sambal embe bikinan Little Bali punya cita rasa segar dan kepedasannya bikin melek saat disantap. Selain itu, Little Bali juga menyajikan sambal matah yang tak kalah mantap buat dicoba.

Baik sambal embe maupun sambal matah, sama-sama enak disantap dengan menu khas Bali lai yang juga bisa dijumpai di Little Bali. Tinggal pesan dengan mudah dari rumah melalui ManisdanSedap.com.

Platform tersebut merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com.

Bukan hanya memudahkan penikmat kuliner menemukan dan memesan pre-order dari seluruh Nusantara, ManisdanSedap.com juga menjadi etalase yang memajang jualan para pemilik UMKM. Dilengkapi fitur tombol langsung ke nomor seller, pembeli dan penjual bebas berinteraksi maupun bertransaksi terpisah dari platform ini.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

[tmi]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Manis Dan Sedap
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini