Resep dan Cara Membuat Cireng yang Enak dan Sederhana dengan Isian Praktis nan Lezat

Rabu, 6 September 2017 21:15 Reporter : Bethari Taya, Tantri Setyorini
Resep dan Cara Membuat Cireng yang Enak dan Sederhana dengan Isian Praktis nan Lezat Ilustrasi cireng. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Satu lagi jajanan asli Bandung yang tentu saja enak dan ramah di kantong. cireng, makanan ini merupakan salah satu jajanan lain yang berbahan dasar tepung kanji. Cireng berasal dari kata 'aci' yang 'digoreng'. Hampir sama dengan cilok yang berasal dari 'aci' yang 'dicolok'.

Jajanan dengan bahan dasar tepung aci atau tepung kanji memang cukup fenomenal. Hanya dengan bahan-bahan yang sederhana, jajanan seperti cilok, cimol, dan cireng memiliki banyak penggemar dari seantero nusantara.

Tidak hanya berbahan dasar sama dengan cilok, bahan-bahan yang diperlukan dan proses pembuatan pun hampir sama. Yang berbeda dari cireng adalah bentuknya yang datar seperti koin dan akhir dari penyajian adalah dengan digoreng.

Cireng juga banyak dijual di pinggir jalan oleh pedagang kaki lima. Harganya yang ramah di kantong membuat cireng juga menjadi salah satu jajanan yang disukai baik oleh anak-anak maupun orang tua.

Cireng biasa disajikan dengan saus kacang atau saus tomat atau saus sambal. Saus-saus ini akan menambah kenikmatan cireng yang semakin menggugah selera. Ada pula yang menyajikan cireng dengan ditambah perasa makanan yang berbentuk bubuk-bubuk halus.

Sama seperti jajanan yang banyak dijual oleh pedagang kaki lima ini, cireng juga banyak variasinya. Ada yang berbentuk bulat datar seperti koin, ada pula yang bulat seperti cilok. Ada cireng yang tanpa isi, ada pula yang ada isinya. Ada yang dimakan dengan bumbu kacang, bahkan ada yang dimakan dengan bumbu rujak. Tak heran banyak orang yang ingin mengetahui cara membuat cimol dan cara membuat cireng crispy yang enak dan sederhana.

Baca Selanjutnya: 1 Resep Bahan dan Cara...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jajanan Pasar
  3. Kuliner Indonesia
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini