Penelitian: Makan dengan Piring Warna Ini Bikin Berat Badan Turun

Jumat, 31 Juli 2020 22:13 Reporter : Tantri Setyorini
Penelitian: Makan dengan Piring Warna Ini Bikin Berat Badan Turun Ilustrasi makanan di atas piring merah. ©Wallpaper Flare

Merdeka.com - Sedang berjuang menurunkan berat badan? Bisa jadi Anda sudah mencoba berbagai cara untuk berdiet. Mulai dari menyantap makanan berserat tinggi, OCD, atau bahkan makan lebih sering dengan porsi kecil. Kalau begitu, Anda pasti tak keberatan mencoba satu metode diet lagi, yaitu makan dengan piring kecil warna merah.

Kaitan Ukuran Piring dengan Berat Badan

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Research menemukan bahwa ukuran piring yang digunakan untuk tempat makan ternyata memiliki efek terhadap nafsu makan dan kebiasaan makan. Penelitian menjelaskan bahwa ilusi pada ukuran dan warna piring akan menciptakan kesan tersendiri terhadap makanan.

Warna Merah Bikin Selera Makan Berkurang

Penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Appetite menunjukkan bahwa menggunakan piring berwarna merah dengan ukuran lebih kecil ternyata juga mampu mengurangi porsi makan dan menurunkan nafsu makan.

Penjelasannya, kontras warna merah yang lebih terang daripada makanan pada umumnya ternyata mampu membuat penampakan makanan menjadi kurang menggugah selera atau tidak tampak enak. Pada akhirnya orang akan makan lebih sedikit sehingga bisa menurunkan berat badan.

Jadi, tak ada salahnya mulai sekarang mencoba makan dengan piring warna merah. Siapa tahu bisa membuat diet Anda lebih sukses.

Reporter: Febi Anindya Kirana
Sumber: Fimela.com [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Diet
  3. Diet
  4. Ragam Konten
  5. Penelitian
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini