30 nama bayi perempuan indah, modern, dan Islami beserta artinya

Kamis, 28 Juni 2018 18:16 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ilustrasi bayi. ©Pinterest

Merdeka.com - Menjelang melahirkan, ada satu kegiatan menarik yang pasti dilakukan calon ayah dan calon ibu yakni mencari nama untuk bayi. Ketika jenis kelamin sudah diketahui, tentu usaha pencarian nama ini pun akan makin mudah.

Nah, bagi Anda yang dikaruniai bayi perempuan, tentu Anda ingin nama bayi perempuan yang cantik. Sebabnya nama adalah doa. Sehingga Anda ingin buah hati menjadi tumbuh besar dengan kecantikan lahir dan juga batin.

Berikut adalah beberapa inspirasi nama bayi perempuan mulai dari nama dengan makna cantik, modern, hingga bernafaskan Islami beserta dengan artinya.

Nama bayi perempuan cantik

1. Leia

Jika Anda mendengar nama bayi perempuan Leia, tentu Anda akan teringat dengan karakter Princess Leia yang ada di film Star Wars. Karakter ini digambarkan sebagai sosok perempuan yang pemberani dan pantang menyerah. Selain dari inspirasi tersebut, Leia sendiri merupakan turunan dari kata Leah yang memiliki banyak arti. Salah satunya adalah pemimpin atau ratu dalam bahasa Asiria.

2. Kara

Jika Anda tertarik dengan nama bayi perempuan Kara, maka arti dari kata ini adalah pembela kebenaran dan melawan semua sifat jahat atau buruk. Selain itu Kara juga bermakna tersayang. Sehingga buah hati Anda akan tumbuh menjadi sosok yang disayangi oleh orang-orang di sekitarnya.

3. Hannah

Nama Hannah sebenarnya berasal dari beragam bahasa. Contohnya seperti bahasa Jepang Hana yang berarti bunga yang merekah. Kemudian nama Hana sendiri menurut bahasa Arab memiliki makna istimewa, paling disukai, atau sumber kebahagiaan. Lalu, dalam bahasa Ibrani kata Hana memiliki makna elok dan anggun.

4. Eri

Nama Eri berasal dari bahasa Jepang dan memiliki banyak arti. Ada yang bilang bahwa Eri bermakna berkah, ada pula yang berkata bahwa Eri merujuk ke arti cinta dan kepandaian. Apapun artinya, Eri tetaplah memiliki arti yang positif dan semoga bisa memberikan nilai positif pada buah hati Anda.

5. Kirania

Nama Kirania diambil dari bahasa Tamil kuno yakni Kiran yang memiliki makna memegang teguh pada prinsip dan tak ragu untuk mempertahankannya. Nama Kirania juga bisa menjadi alternatif dari nama Kirana yang berasal dari bahasa Sansekerta dan berarti bersinar, elok, dan cantik.

6. Freya

Tahukah Anda bahwa nama Freya diambil dari bahasa Norse Kuno yang dipakai orang Skandinavia yang menduduki Jerman Utara di abad 9? Makna dari kata Freya sendiri adalah nona.

7. Binar

Selain nama yang terdengar kebarat-baratan, Anda berpikiran untuk memberi nama bayi perempuan dengan bahasa Indonesia yang terdengar lebih membumi. Well, Anda bisa memilih kata Binar yang menurut KBBI berarti bersinar atau bercahaya. Pemilihan kata Binar ini semoga akan membuat buah hati Anda menjadi anak yang selalu ceria dan memiliki paras bersinar.

8. Alaika

Alaika sebenarnya berasal dari bahasa Arab yang kemudian diserap dalam bahasa Indonesia dan memiliki kedamaian. Sehingga semoga nama ini menjadikan buah hati pembawa kedamaian dalam hidup.

9. Abigail

Nama Abigail sendiri terdengar cantik. Dan ternyata nama ini berarti sumber kebahagiaan dalam bahasa Ibrani.

10. Iori

Nama Iori merupakan turunan dari 2 bahasa yakni Wales yang bermakna cantik. Sedangkan dalam bahasa Jepang, Iori berarti pertapaan yang membawa kedamaian.

Selain nama bayi perempuan yang cantik, Anda juga bisa melirik nama bayi perempuan yang terdengar modern berikut ini.

Nama bayi perempuan modern dan artinya

11. Ava

Nama Ava memang terdengar singkat. Namun Anda bisa menyisipkannya sebagai nama depan. Ava sendiri merupakan turunan dari bahasa Jerman yakni Aveza atau Avia yang bermakna penuh tanggung jawab dan memiliki jiwa seni yang tinggi.

12. Aviana

Nama Aviana sedang nge-tren dipakai di Amerika Serikat. Dalam bahasa Latin, Aviana memiliki arti bebas seperti burung dan yang kedua adalah penuh berkah.

13. Eloise

Nama Eloise terdengar modern dan cantik. Nama ini merupakan turunan dari bahasa Jerman yang berarti memiliki hati yang lapang.

14. Zara

Nama Zara memang sedang hits karena terdengar sederhana, modern, dan cantik. Nama Zara berasal dari turunan bahasa Arab yakni Zahra yang berarti bunga mekar.

15. Ariella

Ariella merupakan versi nama perempuan dari nama Ibrani yakni Ariel. Ariel sendiri memiliki arti singa Tuhan.

16. Iris

Nama Iris yang terdengar modern ini memiliki arti ganda. Arti pertama adalah bunga dalam bahasa Inggeis. Sedangkan dalam mitologi Yunani, Iris memiliki makna dewi pelangi.

17. Ivy

Nama Ivy jadi naik daun semenjak dipakai Beyonce untuk menamai anak pertamanya. Nama Ivy sendiri berarti tanaman yang merambat.

18. Charlotte

Nama Charlotte terdengar begitu Inggris. Namun sebenarnya Charlotte brasal dari bahasa Jerman kuno yang manusia yang bebas sehingga diharapkan pemberian nama ini akan membuat buah hati Anda bisa bebas memilih apa yang diinginkan.

19. Harper

Nama Harper juga terdengar modern dan hits saat ini, apalagi semenjak dipakai oleh Victoria Beckham. Sebenarnya Harper merupakan sebutan dari pemain harpa yang memiliki konotasi cantik dan anggun.

20. Zoey

Nama Zoey diturunkan dari bahasa Yunani yakni Zoe. Zoe sendiri memiliki makna kehidupan.

Selain ingin memiliki nama bayi perempuan yang cantik dan modern, mungkin Anda bisa mencoba nama bayi perempuan Islami berikut ini yang tentu saja juga memiliki arti yang indah dan tidak pasaran

Nama bayi perempuan yang indah dan unik

1. Aiza

Kata Aiza tercantum dalam surat Al Maidah ayat 54 yang memiliki makna perkasa, dihormati, dan mulia. Sehingga diharapkan buah hati Anda nantinya akan tumbuh menjadi sosok perempuan perkasa dan mulia.

2. Hilya

Dalam bahasa Arab, nama Hilya memiliki arti perhiasan sehingga cocok dipakai sebagai nama anak perempuan.

3. Nuha

Nuha cocok dijadikan sebagai nama bayi perempuan bernafaskan Islami sebab nama ini memiliki arti kecerdasan, akal budi, atau kemampuan untuk berpikir.

4. Ayesha

Jika Anda merasa bahwa nama Aisyah sudah banyak yang memakai, Anda bisa memilih nama turunannya yakni Ayesha yang sama-sama berarti kesayangan dari Nabi Rasulullah SAW.

5. Khawla

Anda ingin nantinya memiliki anak perempuan yang perkasa dan kuat? Anda bisa memakai nama Khawla yang memiliki makna demikian.

6. Shirin

Ada banyak cendekiawan muslim yang namanya bisa Anda jadikan inspirasi untuk menamai buah hati. Contohnya seperti Shirin Ebadi yang jadi wanita muslim pertama mendapatkan nobel perdamaian. Anda bisa memakai nama Shirin tersebut yang dalam bahasa Persia bermakna berkharisma dan menyenangkan.

7. Salma

Nama Salma memiliki 2 arti yakni aman dalam bahasa Arab dan kesayangan di bahasa Persia. Nama ini pun terdengar modern serta unik.

8. Qanita

Kata yang muncul di dalam Alquran surat Al-Ahzab ayat 35 ini memiliki makna taat atau orang yang shalih. Sehingga diharapkan penggunaan nama ini akan membuat buah hati Anda tumbuh menjadi wanita yang shalihah.

9. Rania

Berasal dari bahasa Arab, nama Rania memiliki arti makna putri yang cantik dan mempesona. Sementara dalam Alquran di surat Al-Tatfif ayat 14, nama Rania memiliki makna berbeda yakni kemenangan dan kesuksesan.

10. Afida

Inspirasi nama Islami lainnya yang bisa Anda pakai adalah Afida yang muncul dalam Alquran surat An-Nahl ayat 78 dengan makna hati nurani atau mata hati. Sehingga diharapkan buah hati Anda akan memiliki hati nurani yang baik.

Nama adalah doa yang akan menyertai anak sepanjang hayat. Oleh karena itu berikan nama yang indah dengan arti positif bagi anak sehingga mereka akan tumbuh besar menjadi sosok yang positif pula. [feb]

Topik berita Terkait:
  1. Kelahiran Bayi
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini