Sambut Hari Buruh, Pekerja Perempuan Harus Paham Perihal Hak Cuti Keguguran

Rabu, 1 Mei 2019 00:00 Reporter : Tantri Setyorini
Sambut Hari Buruh, Pekerja Perempuan Harus Paham Perihal Hak Cuti Keguguran Ilustrasi bersedih. ©2019 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Happy MayDay! Selamat Hari Buruh bagi seluruh pekerja di tanah air. Khusus untuk Anda para pekerja perempuan, sudahkah Anda memahami hak-hak Anda sebagai karyawan?

Tahukah Anda, pekerja perempuan tak cuma berhak atas cuti hamil dan melahirkan? Saat situasi yang tidak diinginkan terjadi, ternyata pekerja perempuan juga berhak untuk mengambil hak cuti keguguran.

Hak cuti pekerja perempuan mengenai keguguran diatur dalam Pasal 82 UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, seperti berikut:

Pekerja perempuan yang mengalami keguguran kandungan berhak memperoleh istirahat 1,5 (satu setengah) bulan atau sesuai dengan surat keterangan dokter kandungan atau bidan.

Dalam pasal 82 ayat 2 juga menyatakan bahwa pekerja perempuan yang mengalami keguguran kandungan berhak memperoleh istirahat selama 1,5 bulan (selama 90 hari) sesuai dengan surat keterangan dokter kandungan atau bidan yang menangani kasus keguguran tersebut.

Sama halnya seperti cuti hamil ataupun melahirkan, pekerja perempuan tetap mendapatkan hak upah penuh atau gaji penuh selama masa cuti. Umumnya pengajuan cuti keguguran juga bisa ditentukan sendiri oleh pekerja perempuan, atau sesuai kesepakatan antara pekerja dan perusahaan tempatnya bekerja.

Perlu diketahui, cuti keguguran juga tak kalah pentingnya dari cuti hamil dan melahirkan. Pasalnya pekerja perempuan yang mengalami keguguran juga tetap perlu memulihkan kondisi fisik dan mental sekaligus.

Jadi, sudah paham mengenai undang-undang mengenai cuti hamil?

Reporter: Febi Anindya Kirana
Sumber: Fimela.com [tsr]

Topik berita Terkait:
  1. Buruh
  2. Wanita Merdeka
  3. Wanita Karir
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini