Banyak Festival, Penginapan di Banyuwangi Penuh

Sabtu, 27 Juli 2019 10:54 Reporter : Mohammad Ulil Albab
Banyak Festival, Penginapan di Banyuwangi Penuh Banyuwangi Ethno Carnival. ©2013 Merdeka.com/Moch Andriansyah

Merdeka.com - Banyaknya even Banyuwangi Festival yang berlangsung pada pekan ini membuat penginapan mulai dari homestay hingga hotel penuh dan baru berangsur longgar pada Selasa (30/7) nanti.

Selama sepekan ini, beragam event berlangsung di Banyuwangi, mulai dari Banyuwangi Ijen Green Run, Festival Proses Kopi, Festival Smart Kampung hingga puncaknya Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) yang masuk menjadi Top 10 calendar of event oleh Kementerian Pariwisata, akan berlangsung pada hari ini, Sabtu (27/7).

"Sampai tanggal 30 Juli sudah habis, sampai satu mingguan okupansi hotel terjaga," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Muhammad Yanuar Bramuda.

Bramuda yang memantau kondisi okupansi penginapan dan penerbangan selama sepekan ke depan menambahkan, tidak hanya hotel, tiket pesawat penerbangan di Bandara Internasional Banyuwangi, khususnya dari Jakarta-Banyuwangi banyak yang sudah terpesan.

"Hotel penuh, pesawat juga banyak yang sold out. Selama seminggu ini memang banyak rangkaian festival menarik dan puncaknya BEC nanti, sehingga banyak daerah yang tertarik untuk melihat, tiket tiket pesawat juga habis," katanya.

Peserta BEC kali ini, kata Bramuda tidak hanya diisi pada talent dari Banyuwangi saja, namun juga menerima peserta carnival dari luar daerah.

"Kita kali ini buka peserta dari luar daerah, karena dari dulu banyak peminatnya, banyak yang request. Ini salah satu strategi, jadi kita bukan hanya ngangkat budaya kita, tapi mendatangkan banyak wisatawan," paparnya.

Tahun ini BEC yang merupakan Top 10 Event Pariwisata Nasional, bakal mengangkat tema “Kingdom of Blambangan”. Tema besar King of Blambangan ini lalu dipecah menjadi 10 sub tema yang dituangkan dalam 120 busana etnik.

"Kita mengangkat cerita rakyat, angkat budaya lokal, dan anak anak Banyuwangi bisa membuat desain baju yang akhirnya mendunia," ujarnya.

Selain itu, Menteri Pariwisata Arieh Yahya dijadwalkan membuka perhelatan BEC yang berlangsung pada pukul 13.00 WIB nanti.

Kemudian rombongan pemerintah kabupaten dari berbagai provinsi juga dijadwalkan hadir untuk menyaksikan ajang BEC sekaligus melakukan studi tiru ke Banyuwangi dengan perjanjian MoU.

Beberapa pemerintah daerah yang dijadwalkan hadir tersebut antara lain, Pemkot Palangkaraya, Pemkab Enrekang, Jabung Timur, Pandeglang, Karawang dan Tulang Bawang. [hrs]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini