Apakah Sunscreen Bisa Memicu Jerawat?

Senin, 21 Oktober 2019 22:07 Reporter : Tantri Setyorini
Apakah Sunscreen Bisa Memicu Jerawat? Ilustrasi tabir surya. ©Shutterstock

Merdeka.com - Beberapa orang yang menggunakan sunscreen mengeluhkan jerawat dan beruntusan. Tentu saja tabir surya yang dituding sebagai penyebabnya. Pertanyaannya, apakah sunscreen benar-benar bisa memicu jerawat? Mari kita cari tahu bersama.

1 dari 4 halaman

Bukan SPF, Bahan-Bahan Pendukung Tabir Surya yang Jadi Dalangnya

Jika kamu berpikir kandungan dalam tabir surya adalah penyebab timbulnya jerawat, mungkin kamu salah kali ini. Dikutip dari Style Craze, bahan aktif dalam tabir surya justru tidak memicu jerawat. Lantas apa penyebabnya?

 /></p>
<p style=Shutterstock

Nah, ternyata yang mungkin jadi pemicu jerawat adalah bahan-bahan lain atau bahan pendukung dalam tabir surya, seperti pengawet, wewangian dan emolien.

2 dari 4 halaman

Hati-Hati dengan Sunscreen Tahan Air!

Sunscreen yang tahan air biasanya dilengkapi dengan para-aminobenzoic acid (PABA) dan methoxycinnamate. Kedua bahan ini bisa menimbulkan jerawat, terutama bagi kulit sensitif.

3 dari 4 halaman

Kandungan Pelembap Ekstra yang Bersifat Comedogenic

Beberapa bahan pelembap yang ditambahkan ke sunscreen biasanya bisa memicu penyumbatan pori dan berakhir menjadi jerawat. Bahan-bahan seperti ini antara lain cocoa butter, mineral oil, minyak kedelai, dan silikon. Semuanya bersifat comedogenic.

4 dari 4 halaman

Penyimpanan yang Tidak Tepat

Tak hanya karena kandungannya, penyimpanan tabir surya yang tidak tepat juga dapat memecah bahan kimia di dalamnya yang kemudian bisa menyebabkan jerawat dan breakout.

 /></p>
<p style=Shutterstock

Menyimpan produk di tempat panas misalnya, seperti di dalam mobil atau di bawah sinar matahari tepi pantai akan membuat bahan kandungan dalam sunscreen tidak lagi efektif.

Jadi, sudah jelas SPF di dalam tabir surya atau sunscreen bukan penyebab jerawat. Bahan-bahan lain yang ditambahkan di dalamnya yang jadi pemicu buat kulit sensitif.

Sumber: Fimela.com/Beauty Journal [tsr]

Baca juga:
Tongkol Jagung Diketahui Bisa Jadi Bahan yang Tepat untuk Tabir Surya
Resep Super Sunblock Smoothie untuk Lindungi Kulit dari Pengaruh Buruk Sinar UV
Santap Makanan Bernutrisi di Waktu Ini Lebih Baik untuk Kulit
Kelopak Mata Juga Perlu Tabir Surya, Sudah Tahu?

Topik berita Terkait:
  1. Tabir Surya
  2. Penyebab Jerawat
  3. Jerawat
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini